Headlines News :
Home » , , , , » Aetra Akan Ganti Pompa Tua dengan Pompa Hemat Energi

Aetra Akan Ganti Pompa Tua dengan Pompa Hemat Energi

Written By Metro Post News on Selasa, 23 Desember 2014 | 10.54

Jakarta - Operator air bersih di Jakarta, PT Aetra Air Jakarta akan melakukan peremajaan terhadap pompa-pompa tua miliknya dengan pompa baru yang hemat energi. Direktur Operasional PT Aetra Air Jakarta, Lintong Hutasoit mengatakan pompa yang dimiliki Aetra sudah beroperasi sejak tahun 1982.

 Artinya, pompa air yang melayani warga Jakarta umumnya sudah berumur 32 tahun. Hingga saat ini, pompa air yang dimiliki Aetra ada sebanyak 10 unit. Karena itu, pihaknya akan melakukan peremajaan pompa air untuk menunjang pelayanan yang maksimal terhadap para pelanggan Aetra. "Saat ini kami memiliki sekitar 10 pompa. Dan hampir semuanya sudah berusia lebih dari 30 tahun. Jadi perlu dilakukan peremajaan," kata Lintong, Senin (22/12).

Kendati demikian, pihaknya tidak hanya ingin melakukan peremajaan pompa air saja, tetapi juga ingin membeli pompa yang lebih efisien tanpa mengurangi kualitas layanan terhadap masyarakat. Tekanan dan debit yang dihasilkan pompa air yang baru harus lebih besar pompa yang sudah berumur uzur. Tetapi tetap energi listrik yang digunakan harus lebih rendah. Untuk merealisasikan hal itu, PT Aetra menggandeng PT Teralindo Lestary, selaku penyedia pompa hemat energi tersebut.

Dengan menggunakan pompa hemat energi ini, Aetra dapat menghemat pengeluaran biaya operasional sekitar 10 hingga 20 persen. "Kapasitas pompa dan kebutuhan warga harus disesuaikan. Jadi tidak semua pompa dapat kami ganti. Dari perhitungan yang dilakukan mungkin hanya dua dari pompa yang dimiliki untuk diganti dengan pompa hemat energi ini," ujarnya. Ada pun saat ini, penggunaan pompa hemat energi baru dilakukan terhadap satu pompa yang terpasang di water treatment plant (WTP) Pulogadung, instalasi air milik Aetra.

 Direktur Utama PT Teralindo Lestary, Poltak Sitinjak menerangkan pompa hemat energi ini menggunakan pompa armstrong vertical in line dengan kapasitas 1.300 liter per detik dengan daya 0,088 amper per liter per detik. “Dari perhitungan yang dilakukan. Dengan menggunakan sistem pompa ini penghematan energi yang didapat adalah di atas 55 persen,” jelas Poltak Sebelumnya, Aetra menggunakan pompa lama yang menggunakan horizontal split casing dengan kapasitas 1.000 liter per detik dengan daya 0,14 amper liter per detik.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah