Headlines News :
Home » , , , , » BC Juanda Gagalkan Penyelundupan Ekstasi 6,150 Gram

BC Juanda Gagalkan Penyelundupan Ekstasi 6,150 Gram

Written By Metro Post News on Kamis, 18 Desember 2014 | 15.48

SURABAYA, MP - Petugas Bea dan Cukai Juanda menggagalkan upaya penyelundupan "methylene dioxy meth amphetamine" atau ekstasi seberat 6,150 gram dari seseorang berkewarganegaraan Belanda.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Juanda Iwan Hermawan, Kamis, mengatakan saat itu tersangka laki-laki yang berinisial AT ditangkap di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda usai turun dari pesawat Singapore Airlines dengan Nomor Penerbangan SQ-390 rute Singapura-Surabaya. "Modus operandi yang dilakukan oleh tersangka yaitu dengan menyembunyikan MDMA berbentuk bubuk di dalam kemasan `clumping cat litter` atau pasir buatan untuk tempat pembuangan kotoran kucing` yang dimasukkan kedalam koper yang dibawanya," katanya.

 Ia mengemukakan, harga dari MDMA yang berhasil digagalkan tersebut di pasaran sekitar Rp17 miliar lebih. "Kronologis penangkapan tersebut bermula dari kecurigaan petugas yang melihat tas hitam di dalam bagasi pesawat usai melewati pemeriksaan sinar X," katanya. Dari pemeriksaan mendalam terhadap koper tersebut, di dalam koper ditemukan kotak yang berisi pasir buatan untuk menampung kotoran kucing. Setelah dilakukan pemeriksaan lagi, ternyata terdapat bubuk berwarna cokelat yang diduga sebagai MDMA.

 "Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika merupakan narkotika golongan I. Penyelundupan narkotika golongan satu ini sesuai dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 diancam hukuman pidana selama 15 tahun dan denda Rp10 miliar," katanya. Akan tetapi, jika barang bukti yang berhasil disita lebih dari 5 gram maka pelaku diancam dengan pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana paling lama 20 tahun dan denda maksimal Rp10 miliar ditambah sepertiga. "Terhadap barang bukti ini telah diserahkan kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut," katanya.

 Ia menambahkan dalam kasus ini pihaknya juga berhasil melakukan pengembangan dan berhasil menangkap tiga orang tersangka lainnya yakni berinisial AF, FD dan RD. "Dari tangan pelaku ini petugas berhasil mengamankan barang-bukti uang tunai yang diduga sebagai uang hasil transaksi narkoba senilai sekitar Rp2 miliar," katanya.(ant)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah