Headlines News :
Home » , , » Menhub Pastikan Kesiapan Angkutan Natal-Tahun Baru

Menhub Pastikan Kesiapan Angkutan Natal-Tahun Baru

Written By Metro Post News on Kamis, 18 Desember 2014 | 15.52

Semarang, MP -  Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memastikan kesiapan sarana angkutan umum di wilayah Jawa Tengah menjelang masa angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, khususnya Semarang. "Hasil pantauan tiga tempat (transportasi, red.) di Semarang yang mewakili sebagian operasi angkutan Natal dan Tahun Baru di Jawa, mestinya siap," katanya saat meninjau Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu.

Pada kesempatan itu, Menhub beserta jajaran terkait meninjau tiga simpul transportasi di Semarang, yakni Terminal Terboyo, Pelabuhan Tanjung Emas, dan Bandara Ahmad Yani untuk kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru. Menurut mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) itu, jajarannya juga sedang memantau mulai dari Jateng sampai wilayah Jawa Barat untuk memastikan kesiapan angkutan Natal dan tahun baru.

 "Untuk luar Jawa, seperti Manado, Papua, kawasan Indonesia bagian timur, termasuk Denpasar ke arah barat kami cek mulai besok," tukasnya. Meski demikian, Jonan juga memberikan masukan dari pantauannya di tiga titik simpul transportasi di Kota Semarang itu, mulai dari Terminal Terboyo sebagai terminal kelas A yang harus diurus lebih baik. Ia mengatakan pembenahan terminal yang dimaksud bukanlah secara mewah, melainkan bisa dilakukan secara sederhana, asalkan membuat terminal secara rapi dan tertib.

 "Sederhana tidak apa-apa. Sederhana tapi rapi dan tertib," tegasnya. Untuk Pelabuhan Tanjung Emas, Jonan juga memberikan masukan agar dimodernisasi, sementara untuk Bandara Ahmad Yani memang perlu ditingkatkan kapasitasnya seiring dengan pertambahan penumpang. "`Airport` (Bandara Ahmad Yani, red.) kapasitasnya kan sudah melebihi yang seharusnya.

Solusinya, ya dibatasi `landing` dan `take-off` pesawat atau diterima tapi terminalnya `uyel-uyelan` (sesak)," katanya. Dengan adanya rencana pengembangan Bandara Ahmad Yani, Jonan mengapresiasi, seraya mengingatkan semestinya prospek pengembangan bandara tersebut sekaligus disiapkan sampai 15-25 tahun ke depan. "Jadi, tidak `bolak-balik` membangun. Sekalian saja disiapkan untuk proyeksi tahun 2025," pungkasnya.(ant)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah