Headlines News :
Home » » Tanggul Titik 73B Lapindo Porong Jebol Lagi

Tanggul Titik 73B Lapindo Porong Jebol Lagi

Written By Metro Post News on Sabtu, 27 Desember 2014 | 11.44

Sidoarjo - Tanggul penahan lumpur Lapindo di titik 73B yang berada di Desa Kedungbendo, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, kembali jebol, Rabu (17/12) sore. Jebolnya tanggul diperkirakan mencapai lebar 5-6 meter karena luberan air lumpur Lapindo Porong itu kini menggelontor ke wilayah Desa Kedungbendo dan Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, sebab Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) belum bisa berbuat banyak karena terkendala cuaca.

“Alat berat tidak bisa mendekati titik 73B yang lembek akibat diguyur hujan deras. Akan kita upayakan semaksimal mungkin apa yang bisa dilakukan agar gelontoran air lumpur itu tidak sampai menerjang lebih jauh pemukiman padat penduduk,” ujar Humas BPLS, Dwinanto Hesty Prasetyo yang dikonfirmasi, Rabu (17/12) sore. Dwinanto mengatakan, air lumpur saat ini mengalir ke Desa Kedungbendo dan Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin. Tanggul itu pula yang jebol beberapa pekan lalu dan diperbaiki dengan cara manual dengan bendungan sandbag dan alat bambu. Tapi karena diguyur hujan lebat, tanggul jebol selebar sekitar 6 meter, dan sampai sore itu hujan deras masih belum juga mereda. Sementara itu Kepala Desa Gempolsari, Abdul Haris, yang dihubungi terpisah membenarkan bahwa tanggul di titik 73B jebol lagi, sehingga air disertai lumpur kembali masuk ke rumah warga. “Air dan lumpurnya mengalir ke rumah warga kami lagi, padahal tadi pagi rumah warga sudah dibersihkan. Sekarang ini malah lebih parah, lumpurnya tambah banyak,” ujar Abdul Haris sambil menambahkan, warga khususnya ibu-ibu dan anak-anak sudah diungsikan sejak Rabu sore di balai desa.

 “Kami berharap, BPLS dapat segera menutup kembali tanggul yang jebol agar ancaman sergapan lumpur tidak semakin parah,” tandas Kades. Ia membenarkan, para laki-laki masih menjaga rumahnya yang sudah dirambah air berlumpur. RSUD Kebanjiran Hujan deras yang mengguyur kawasan Sidoarjo sejak siang hingga sore tidak saja membuat tanggul titik 73B jebol, namun juga mengakibatkan RSUD Sidoarjo tergenang air.

Sebanyak enam ruang inap kamar Mawar Merah yang berada di bagian selatan tergenang dan air masuk ke ruangan setinggi mata kaki orang dewasa. Hal ini juga membuat keluarga dan pembesuk pasien yang sedang menjalani rawat inap terganggu. Humas RSUD Sidoarjo Ahmad Zainuri yang dikonfirmasi melalui stafnya, Hadiyanto, membenarkan genangan banjir itu langsung ditangani petugas cleaning service dengan memakai alat penyedot air, hingga genangan banjir cepat hilang. Belum diketahui pasti sebab meluapnya saluran air di sekitar RSUD sehingga luber masuk ke ruang inap Mawar. B1
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah