Headlines News :
Home » , » Pemko Jakut Pantau Lampu Mati Melalui Smartphone

Pemko Jakut Pantau Lampu Mati Melalui Smartphone

Written By Jainal Fatmi on Minggu, 04 Januari 2015 | 00.58

JAKARTA, MP - Untuk melakukan pemantauan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang kerap tidak menyala, Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara akan menerapkan pemantauan menggunakan smartphone.

  
Setiap lampu yang dipasang ditanamkan sistem kontrol. Dengan aplikasi bernama Smart System, nantinya bisa diketahui lebih cepat lampu mana saja yang mati atau tidak menyala.

"Sekarang sudah diuji coba di Kantor Walikota Jakarta Utara, dengan aplikasi ini petugas bisa melakukan pemantauan lampu mati lewat smartphone-nya," ujar Saukani, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, Senin(29/12).Selain itu, kata Saukani, melalui aplikasi Smart System tersebut nantinya petugas juga bisa mengatur kualitas pencahayaan lampu. Program ini juga nantinya bisa diaplikasikan ke semua lampu yang ada di DKI Jakarta.

"Jadi, kalau orang itu ramai jam 6 sore sampai jam 10 malam, setelahnya nanti kita bisa turunkan 50 persen pencahayaannya hingga subuh," jelasnya.

Nantinya, lanjut Saukani, pada lampu akan memiliki sistem tersendiri dimana setiap pukul 18.00 lampu akan menyala dan akan mati dengan sendirinya pada pukul 06.00.

"Dengan ini monitoring lebih mudahlah. Kalau ada lampu mati nanti ada sinyal diprogramnya, jadi kita bisa lebih cepat memeriksanya," katanya.Sebagai langkah lanjutan tahun 2015 nanti akan diprioritaskan di jalan – jalan Protokol, seperti jalan Yos Sudarso, jalan Enggano, Jl Sulawesi, sekitar termional Bus Tanjung Priok, Jl Gunung Sahari, Jl Jembatan Tiga dan sekitar Pluit, Kelapa Gading, Sunter.

Dan targetnya seluruh lampu yang jumlahnya 42.500 lampu yang tersebar di 6 kecamatan  31 kelurahan ini secara bertahap akan dipasang Smart System agar memudahkan monitoring lampu mati oleh  para petugas operator , pungkas Saukani yang didampingi Ka Sie Pencahayaan Kota Budi Basuki , dikantornya. (ids )
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah