Headlines News :
Home » , » Komisi IV DPR Kritisi Persiapan Cetak Sawah di Sulawesi Selatan

Komisi IV DPR Kritisi Persiapan Cetak Sawah di Sulawesi Selatan

Written By Jainal Fatmi on Kamis, 28 April 2016 | 23.38

Jakarta: Komisi IV DPR RI melaksanakan kunjungan spesifik ke Provinsi Sulawesi Selatan untuk meninjau langsung program cetak sawah yang sedang digalakkan pemerintah.

Dalam peninjauan di salah satu lahan sawah di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, beberapa anggota Komisi IV mengkritisi persiapan cetak sawah itu.

"Banyak pertanyaan dari Anggota Komisi IV DPR, yang belum meyakini apakah pencetakan sawah ini bisa digunakan. Namun, Kepala Dinas Pertanian sudah meyakinkan bahwa sawah ini bisa digunakan," kata Ketua Tim Kunspek sekaligus Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo (F-Gerindra), di Pinrang, Sulsel, Selasa (26/4/2016).

Kabupaten Pinrang mendapat jatah untuk mencetak sawah seluas seribu hektare dari total target 200 ribu hektare cetak sawah oleh pemerintah di seluruh Indonesia selama tahun 2016.

Edhy memastikan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap pencetakan sawah ini agar sesuai ketentuan.

"Ini salah satu bentuk pengawasan kita. Jangan sampai setelah sekian tahun berjalan, baru kita cek lagi. Kita cek dari awal, dari pengesahan anggaran, kemudian proses persiapannya, sehingga kalau ternyata ada kesalahan bisa kita perbaiki," ujar politisi asal dapil Sumatera Selatan itu.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi IV DPR Muhammad Nasyit Umar (F-PD) mengkritisi persiapan pencetakan sawah yang dinilai belum sesuai harapan. Dia menilai, pematang sawah belum disiapkan dengan baik. Gambaran mengenai luas sawah belum didapatkannya dengan lengkap.

Sementara itu, Wakil Bupati Pinrang Muh Darwis Bastama mengatakan, luas areal pertanian di Pinrang mencapai 53 ribu hektare. Adanya hambatan saat musim panen karena curah hujan tinggi disertai rebahnya padi. Keadaan diperparah kurangnya mobil alat pemanen.

"Jadi kendalanya, luas areal sawah tidak sebanding dengan mesin pemanen yang hanya 220 unit. Sementara, pencetakan sawah baru berkisar seribu hektare memerlukan perhatian. Khususnya perbaikan infrastruktur penunjang di sekitar lahan," kata Darwis.

Selain meninjau lokasi program cetak sawah, Tim Komisi IV DPR juga menggelar pertemuan dengan perwakilan petani, dan meninjau Bendungan Benteng di Kabupaten Pinrang.

Kunspek tersebut juga diikuti Anggota Komisi IV DPR, yakni Rahmat Handoyo (F-PDI Perjuangan), Azhar Romli (F-PG), Saniatul Lativa (F-PG), OO. Sutisna (F-Gerindra), Andi Nawir (F-Gerindra), Acep Adang Ruhiat (F-PKB), Andi Akmal Pasluddin (F-PKS), dan Sa’duddin (F-PKS).(Mtv)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah