Headlines News :
Home » , , » Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Puluhan Ormas Gelar Apel

Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Puluhan Ormas Gelar Apel

Written By Jainal Fatmi on Minggu, 29 Mei 2016 | 23.03

Jakarta – Sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) sosial keagamaan, pemuda dan mahasiswa membentuk aliansi untuk menyelenggarakan apel Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

Menurut Sekretaris Panitia Pelaksana Aliansi Ugik Kurniadi, syukuran ini diselenggarakan sebagai salah satu respons positif menyambut ditetapkan Hari Lahir Pancasila 1 Juni oleh Presiden Jokowi melalui sebuah keputusan presiden (Keppres).

“Ini langkah maju dalam kehidupan bernegara sehingga tidak ada lagi keraguan sedikitpun tentang hari lahir Pancasila,” ujar Ugik yang juga Sekretaris Jenderal Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Sabtu (28/5).

Dengan mengambil tajuk Indonesia Bersyukur, apel akan diikuti sekitar 10.000 anggota ormas aliansi, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Selain itu, dari kalangan mahasiswa, seluruh eksponen Kelompok Cipayung yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Secara bersamaan, forum komunikasi Alumni Kelompok Cipayung (KAHMI, PA GMNI, Forkoma PMKRI, IKA PMRII dan PN PS GMKI) serta belasan ormas pemuda lainnya ikut mensyukuri penegasan atas Pancasila tersebut.

Dijelaskan, kegiatan akan diselenggarakan pada Rabu, 1 Juni 2016, di Tugu Praklomasi, Jakarta Pusat. Acara akan dimeriahkan berbagai atraksi budaya dan wayang kulit, dan diakhiri dengan pembacaan komunike bersama. Sejumah tokoh bangsa akan hadir, di antaranya Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Menurut anggota Panitia Pengarah Hermawi Taslim, ormas pemuda dan mahasiswa sangat antusias menyambut Keppres tentang hari lahir Pancasila ini. Sekalipun diinisiasi oleh para eksponen dari Forum Alumni Kelompok Cipayung serta beberpa organisasi keagamaan, dukungan dan partisipasi terus berdatangan.

“Setiap hari Ormas Pemuda yang menyatakan bergabung dalam aliansi ini terus meningkat,” ujar Taslim yang juga Ketua Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI.

Lebih lanjut, Taslim mengatakan penetapan hari lahir Pancasila 1 Juni ini dapat menjadi daya dorong yang kuat untuk meneguhkan komitmen bernegara dalam masyarakat yang pluralistik. Namun, pendampimgan dan keteladanan harus ditunjukkan kepada generasi muda wajib dilakukan secara intensif. Hal itu mengingat tantangan yang dihadapi generasi mendatang semakin kompleks.

“Perlu memberi keteladanan bagi generasi muda, dalam prinsip satu kata dan perbuatan,” ujar Taslim yang juga Ketua DPP Peradi.(bsc)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah