Headlines News :
Home » , » Reshuffle Makin Dekat

Reshuffle Makin Dekat

Written By Jainal Fatmi on Jumat, 22 Juli 2016 | 22.29

Jakarta: Intensitas kedatangan menteri ke Istana Kepresidenan semakin tinggi. Isu reshuffle pun semakin menguat karena nyaris setiap hari pembantu presiden diminta menghadap.

Hari ini, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak hanya itu, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman juga masuk daftar menteri yang menemui Jokowi hari ini. Hampir semua menteri ngeles ketika ditanya kedatangannya.

Juru Bicara Presiden Johan Budi tak menampik. Namun, jawaban yang diberikan terkesan normatif. Johan kerap menyatakan, evaluasi dilakukan terus-menerus, tidak pada satu titik waktu tertentu. Pemanggilan pun dilakukan bertahap.

"Ada waktu-waktu yang enggak bisa bersamaan. Kemarin juga ada menteri dipanggil, sekarang juga ada. Ini bagian evaluasi kinerja," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2016).

Johan mengaku tak tahu banyak soal perombakan pembantu menteri. Menurut dia, Presiden mendapat informasi dari banyak pihak soal kinerja para pembantunya. Itu lah yang menjadi bahan pembicaraan Presiden ketika mengevaluasi menteri.

Tapi, yang jelas, kata mantan Juru Bicara KPK ini, Jokowi selalu menyatakan, menteri harus bekerja sesuai perintah Presiden. Sebab, menteri merupakan pelaksana kebijakan pemerintah.

Menteri-menteri yang secara estafet dipanggil serentak isu reshuffle berkembang kemudian menjadi tanda tanya besar. Lagi-lagi, corong resmi Istana tak mau bicara banyak.

Istana bahkan membalik pertanyaan, siapa yang menghembuskan isu itu sehingga ramai diperbincangkan.

"Tidak pernah secara langsung Presiden katakan reshuffle atau tidak. Apa yang dilakukan Presiden, evaluasi, ta hal biasa," tegas Johan.

Johan juga mengaku tak tahu apakah evaluasi yang kerap dilakukan akan berujung pada perombakan pembantu Presiden. Jawaban pamungkas Istana kembali dilontarkan Johan.

"Saya kira Presiden yang tahu," ucap dia.

Pemanggilan menteri memang sudah beberapa pekan ini dilaksanakan. Pekan lalu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan berturut-turut dipanggil Jokowi.

Sayangnya, ketiga menteri yang disebut bakal direshuffle ini ogah-ogahan mengomentari itu. Tak lama berselang Istana memanggil seluruh Kapolda bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan jajaran keamanan lainnya. Salah satunya, Jaksa Agung M. Prasetyo. Spekulasi soal evaluasi dilakukan pada saat itu juga berkembang luas.

Beberapa menteri lain yang belakangan menjadi sorotan ialah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Jonan dinilai gagal ketika arus mudik berjalan kacau bahkan memakan korban jiwa.mtv
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah