Headlines News :
Home » » Arcandra Tahar hanya Sempat 20 Hari jadi Menteri

Arcandra Tahar hanya Sempat 20 Hari jadi Menteri

Written By Jainal Fatmi on Senin, 15 Agustus 2016 | 23.35

Jakarta: Arcandra Tahar dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Sudirman Said pada 27 Juli lalu. Tapi, belum genap satu bulan menjabat, Arcandra sudah harus meninggalkan jabatan barunya itu.

Arcandra hanya 20 hari menempati pos Menteri ESDM. Bukan karena kinerjanya `payah` sehingga dia dicopot, tapi lebih karena persoalan administrasi. Rupanya dia mengantongi dua kewarganegaraan: Indonesia dan Amerika Serikat.


Menteri Arcandra memang lama tinggal di Negeri Paman Sam, tepatnya sejak 1996. Sebelum ditunjuk menjadi Menteri ESDM, terakhir Archandra adalah Presiden Petroneering Houston, perusahaan minyak yang berbasis di Texas, AS. Dia mengantongi enam paten internasional di bidang energi dan sumber daya mineral.

Pencopotan Arcandra berawal dari rentetan pesan di WhatsApp, pada Sabtu 13 Agustus. Dia disebut-sebut berkewarganegaraan ganda.

Istana bergerak. Hasilnya, Arcandra memang warga AS lewat proses naturalisasi pada Maret 2011. Satu tahun kemudian, dia mengurus  paspor RI melalui KJRI Houston dengan masa berlaku lima tahun. Sejak Maret 2012, Archandra empat kali ke Indonesia dengan paspor AS. 

Arcandra diberhentikan karena dianggap melanggar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan.(Mtv)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah