Headlines News :
Home » , , » Empat Gurandil Diamankan Polisi, Beroperasi di wilayah PT.Antam

Empat Gurandil Diamankan Polisi, Beroperasi di wilayah PT.Antam

Written By Jainal Fatmi on Minggu, 28 Agustus 2016 | 14.23

BOGOR. MP - Empat pelaku diduga penambang emas ilegal atau gurandil yang beroperasi di kawasan Pertambangan PT Antam UBE Pongkor ditangkap polisi.

Keempatnya masing-masing berinisial HS (41), SN (33), HL (30) dan OJ (26), ditangkap di dua wilayah berbeda, yakni Kecamatan Cigudeg dan Kecamatan Nanggung, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan dari tangan tangan tersangka polisi berhasil mengamankan 156 karung berisi batu diduga mengandung emas.

"Selain itu kita juga mengamankan beberapa alat yang digunakan untuk mengolah batu megandung emas," katanya di PT. Antam UPBE Pongkor, Desa Pongkor, Kecamatan nanggung, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lanjutnya, Pada penangkapan pertama, yakni Sabtu (13/8/20916), Anggota Polres Bogor mengamankan tersangka HS di Jalan Cileuksa, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang sedang membawa mobil bak bernomor polisi A 8568 PE yang mengankut 68 karung batu yang diduga mengandung emas.

Lalu, pada penangkapan dilakukan pada Senin (15/8/2016) dengan mengamankan tersangka SN dan HL dengan barang bukti 41 karung batu mengandung emas yang diangkut menggunakan mobil bak bernomor polisi B 9726 UAC.

Total dari dua penangkapan itu diamankan sebanyak 109 karung berisi batu mengandung emas dan dua kendaraan pengangkut.

Dari keterangan sementara, mereka mengaku akan membawa batu mengandung emas tersebut kepada dua orang yang berbeda yakni berisinial TH dan NR warga Lebak, Kabupaten Banten.

"Untuk penangkapan terakhir dengan tersangka OJ diamankan saat sedang melakukan pengolahan emas hasil tambang ilegal di daerah Kecamatan Nanggung pada Rabu 24 Agustus 2016," tutur Bambang.

Dari penangkapan yang ketiga itu, pihaknya kembali mengamankan 42 karung berisi batu mengandung emas, 1 buah tong, 1 buah kompresor, 1 buah mixer, 1 alat pembakaran, 8 gelundungan yang sedang produksi.

OJ ditangkap atas dasar laporan dari warga kalau ada aktivitas pengolahan emas ilegal.

Para gurandil ini akan dijerat dengan Pasal 90 ayat 2 Jo Pasal 17 ayat 1 Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, Pasal 158 dan Pasal 161 Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dengan 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 10 miliar.

"Sekarang masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut di Mapolres Bogor. Untuk barang bukti kita kirim ke Puslabfor Mabes Polri. Kita akan memburu bandar besar yang mengendalikan penambangan emas ilegal ini," tuturnya.(Tbn)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah