Headlines News :
Home » » Jadilah Konsumen Cerdas, Pilih Cat Rumah yang Aman Bagi Kesehatan Keluarga Anda

Jadilah Konsumen Cerdas, Pilih Cat Rumah yang Aman Bagi Kesehatan Keluarga Anda

Written By Jainal Fatmi on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 17.49

Jakarta: Eksterior menjadi bagian rumah yang pertama kali dilihat sebelum Anda atau tamu masuk ke dalam rumah. Bila eksterior rumah terlihat memikat, tentu membuat siapa saja yang melihat akan terpesona dan mendapat kesan baik terhadap rumah Anda.

Guna mendapatkan tampilan rumah indah, Anda harus memilih cat tembok yang tepat. Terutama untuk dinding bagian luar (eksterior). Sebab, cat eksterior berbeda dengan cat interior. Cat untuk bagian luar rumah harus tahan terhadap perubahan cuaca, seperti teriknya sinar matahari dan hujan. Kelembaban pada tembok eksterior pun berpotensi memicu munculnya jamur.

Selain mementingkan faktor keindahan rumah, ada baiknya Anda memerhatikan kesehatan keluarga yang terancam akibat terpapar cat. Sebab, beberapa kandungan cat tembok berpotensi membahayakan manusia apabila menghirup aroma atau menyentuhnya.

Cat dibuat dari bahan-bahan yang berbahaya bila kandungannya melebihi ambang batas yang ditentukan. Salah satu bahan yang berbahaya adalah VOC (Volatile Organic Compound) atau kandungan senyawa organik yang mudah menguap. Volatile Organic Compound atau VOC, adalah bahan kimia yang dipancarkan dalam bentuk gas yang berasal dari bahan padat ataupun cair. Konsentrasi dari VOC umumnya konsisten dan lebih tinggi yang di dalam ruangan (2 sampai 5 kali) dibandingkan di luar ruangan.  Solvent dan thinner termasuk dalam kategori VOC.

Efek solvent bisa seketika dirasakan ketika seseorang memasuki ruangan yang baru saja dicat. Penguapan solvent dalam ruangan yang terhirup manusia dapat menyebabkan gangguan kesehatan ringan seperti iritasi pada mata, kulit dan kelenjar dan saluran pernapasan, sakit kepala, pusing, gangguan visual dan penurunan daya ingat, serta gejala asma. Jika dihirup dalam jangka waktu lama, bahan ini berpotensi menyebabkan kanker, kerusakan hati dan gangguan sistem saraf.

Lantas bagaimana cara melindungi keluarga dari pengaruh buruk cat tembok, tapi sekaligus mendapatkan cat eksterior yang awet dengan warna indah? Gunakan Sunguard Powerful Exterior Paint. Cat tembok premium ini merupakan produk dari Avian Brands. Cat ini aman digunakan dan tidak membahayakan kesehatan.

Selain itu, Sunguard memiliki ribuan pilihan warna yang dapat dipilih sesuai kebutuhan rumah Anda. Warna-warna tersebut dikelompokkan ke dalam 8 kelompok inspirasi warna, yaitu Red, Orange, Yellow, Neutral, Ocean, Green, Purple dan Blue. Anda tinggal menyesuaikannya dengan desain rumah dan selera.

Dalam mengaplikasikan Sunguard agar warnanya senantiasa awet dan tidak cepat rusak dihempas cuaca, ada tiga cara yang bisa Anda coba.

1. Bersihkan dinding sebelum dicat

Patut Anda perhatikan, sebelum mencat tembok luar bersihkan terlebih dahulu seluruh permukaan dinding dari sisa cat lama, kotoran, debu dan jamur. Jika tak dibersihkan, maka cat eksterior tidak akan bisa menempel dengan sempurna dan cepat mengelupas. Gunakan air kaporit dan siram ke tembok yang akan dicat untuk membasmi jamur. Bila sudah bersih dan kering, mulai lakukan pengecatan.

2. Lakukan pengecatan ketika cuaca cerah

Proses pengeringan mempengaruhi hasil akhir cat. Sebelum dicat, pastikan permukaan tembok tidak lembab dan basah. Kemudian, lakukan pengecatan ketika matahari bersinar cerah. Proses pengeringan cat akan lebih maksimal dengan bantuan sinar matahari.

3. Gunakan cat eksterior berkualitas hebat

Untuk mengecat dinding luar, gunakan cat eksterior. Cat jenis ini diformulasikan khusus sehingga lebih kuat dan tahan lama melindungi dinding dari terpaan perubahan cuaca. Sebaiknya, Anda teliti dalam memilih cat eksterior. Gunakan cat dengan formula khusus Nature Guard Technology yang membuat noda dan debu tidak mudah menempel sehingga permukaan eksterior mendapatkan perlindungan sempurna dari segala cuaca.

Nature Guard Technology juga menjadikan tembok mudah dibersihkan, tahan terhadap gosokan dan pencucian berkali-kali. Satu-satunya cat yang mengandung Nature Guard Technology adalah Sunguard. Sunguard merupakan bagian dari keluarga Lenkote, di mana Lenkote terbagi menjadi cat eksterior (Sunguard), interior (Supersilk, Aquamatt, No Odor, Everglo).

Cat yang tahan terhadap noda dan mudah untuk dibersihkan menjadi pilihan tepat karena Anda tak perlu sering-sering mengecat ulang akibat tembok bernoda atau terciprat lumpur. Cukup bersihkan tembok menggunakan air atau lap lembab, maka tembok akan kembali bersih.

Anda tak perlu ragu menggunakan produk ini karena telah lolos uji coba melalui proses penelitian yang ketat di laboratorium Nature Guard selama kurang lebih 2 tahun.

“Hujan dan cuaca bukan masalah, karena Sunguard mampu melindungi tembok dengan sangat sempurna,” ucap Novi Christiana, Deputy Marketing Director of Avian Brands
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah