Headlines News :
Home » , » Kuota Haji Sulsel Bakal Ditambah, Kemenag Sulsel: Kami Siap, Biar Tiga Kali Lipat

Kuota Haji Sulsel Bakal Ditambah, Kemenag Sulsel: Kami Siap, Biar Tiga Kali Lipat

Written By Jainal Fatmi on Rabu, 21 September 2016 | 19.56

MAKASSAR - Kepala Kantor Kementrian Agama Sulawesi Selatan Abdul Wahid Thahir menyambut baik wacana penambahan kuota jamaah haji tahun 2017 mendatang.

Jika wacana tersebut dapat terealisasi, maka kuota haji untuk Sulawesi Selatan dinilai akan kembali normal seperti sebelum pelaksanaan ibadah haji 2016.

Kuota haji untuk Sulsel tahun 2016 sebanyak 5.777. Jumlah tersebut menurun dari kuota normal sebanyak 7.221 karena Masjidil Haram di Mekkah sedang direnovasi.

 "Alhamdulilah, tentunya ini kabar yang sangat baik untuk kita semua," ujar Wahid via telepon, Rabu (21/9/2016).

Meskipun demikian, Wahid mengaku belum mendapatkan surat resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia soal penambahan kuota haji tersebut.

Wahid menambahkan, Kemenag Sulsel akan tetap memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh  Jamaah Calon Haji, bahkan jika peningkatan kuota naik hingga tiga kali lipat.

Menurutnya, jumlah petugas dan sarana prasana seperti asrama haji dapat menampung JCH lebih banyak dibanding kuota tahun 2016.

Dimana, Asrama Haji Sudiang Makassar dapat menampung hingga 1.250 JCH per hari. Itu pun hanya untuk bangunan lama. Saat ini, Asrama Haji Sudiang memiliki 16 wisma. Setiap wisma terdiri atas 14 hingga 16 kamar.

Daya tampung Asrama Haji Sudiang Makassar tentunya akan semakin bertambah, jika wisma berlantai lima selesai dibangun. Oleh karena itu, Wahid mengatakan siap menyambut jamaah meski bertambah tiga kali lipat dari daftar normal.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi telah setuju untuk menambah kuota bagi jamaah haji Indonesia. Kesepakatan tersebut terungkap saat delegasi kedua negara bertemu di sela-sela perhelatan G-20 di Hangzhou, Tiongkok, 4-5 September lalu.

"Kita sudah berbicara dengan Prince Mohammed dari Saudi Arabia waktu di Hangzhou, bahwa kita ingin meminta tambahan kuota haji dan beliau sudah menyampaikan akan ditambah," ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga meminta tambahan kuota dari negara-negara yang kuota jamaah hajinya tidak terserap secara maksimal.

"Saya juga sampaikan tambahan itu juga bisa ditambah lagi dengan kuota yang diberikan Filipina, Singapura, Jepang, yang tidak terpakai, akan kita pakai semuanya,"katanya.

Kesepakatan penambahan kuota haji untuk Indonesia menurut rencana akan diatur secara formal ketika Raja Salman berkunjung ke Indonesia.(*)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah