Headlines News :
Home » » Ormas Lintas Agama di Jatim Gelar Apel Kebhinekaan

Ormas Lintas Agama di Jatim Gelar Apel Kebhinekaan

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 15 November 2016 | 17.29

SURABAYA - Massa ormas lintas agama dari berbagai daerah di Jawa Timur berkumpul di halaman Gedung Negara Grahadi, Selasa (15/11/2016). Mereka menggelar apel kebhinekaan cinta damai. 

Selain utusan dari ormas enam agama, yakni Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu, dan Konghucu, juga turut serta puluhan TNI, Polri, Pramuka, Satpol PP, Linmas dan pencalang.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf bertindak sebagai inspektur upacara, dan AKBP Ilyas Hindrayasa dari Polda Jatim selaku komandan upacara.

Dalam upacara tersebut, dibacakan ikrar untuk saling menjaga kedamaian, kebhinekaan dan kesatuan bangsa, yang di antaranya berbunyi menjaga kerukunan beragama, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, mereka menolak segala bentuk paham kekekarasan, radikalisme dan terorisme yang mengancam kedaulatan NKRI.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, apel tersebut dinilai sangat penting karena juga sebagai ajang bertemunya tokoh masyarakat yang dianggap mampu menenangkan keadaan saat terjadi gejolak di tengah masyarakat.

"Karena mereka lah yang punya peran penting untuk menenangkan situasi," ujarnya.

Pihaknya terus berupaya menjaga keamanan dan kenyamanan di Jawa Timur agar tidak sampai terjadi gejolak seperti yang terjadi di Jakarta dan tempat lainnya.

"Potensi kerusakan di Jatim banyak, ada kasus suporter, tanah, hingga ancaman gejolak yang disebabkan oleh masalah agama dan kepercayaan," pungkasnya.(*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah