Headlines News :
Home » , » Urus Denda Tilang Kini Bisa Secara Online

Urus Denda Tilang Kini Bisa Secara Online

Written By Jainal Fatmi on Rabu, 09 November 2016 | 12.59

Jakarta: Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya meluncurkan sebuah sistem elektronik untuk mengurus denda bukti pelanggaran (tilang). Sistem ini dibuat sebagai jawaban atas reformasi hukum.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sistem ini untuk menjawab anggapan penegakan hukum yang terkesan lambat dan berbelit-belit. Selain itu, sistem elektronik hukum ini juga menghilangkan praktik pungutan liar dan anggapan kurang transparan.

"Berkaitan dengan penegakan hukum di bidang  pelanggaran lalu lintas telah dibangun suatu sistem, yakni e-tilang," kata Budiyanto, Selasa (8/11/2016)

Menurut Budyanto, e-tilang merupakan suatu sistem yang dibangun untuk memberikan ruang kepada pelanggar menitipkan denda tilang ke Bank BRI dengan mekanisme online. Secara otomatis denda dapat dilakukan menggunakan fasiltas e-banking, SMS banking dan ATM.

"Aplikasi ini akan terkoneksi dengan BRI, Kejaksaan dan Pengadilan," kata Budiyanto.

Pada saat pelanggar sudah menitipkan uang di bank, barang bukti langsung dapat langsung diambil di petugas kepolisian setelah mendapatkan notifikasi khusus.

Budiyanto melanjutkan, setelah mendapatkan penetapan dari pengadilan tentang besaran dana yang harus dibayar. Tagihan denda akan disampaikan ke pihak pelanggar.

"Apabila penetapan lebih kecil dari dari denda yang dititipkan, scara otomatis sisa uang akan dikembalikan ke pelanngar," ujar Budiyanto.

Sistem elektronik ini telah disertakan dengan sumber daya manusia (SDM) yang mempuni dan payung hukumnya. Menurut Budiyanto, sistem ini merupakan perkenalan untuk penegakan hukum lain dengan sistem elektronik atau electronic law enforcement (ELE) di masayarakat.

"Sehingga pada saatnya diberlakukan sistem ELE ini, petugas Polri dan masyarakat sudah biasa dan tidak terkaget-keget. Sehingga terbangun penegakan hukum yang cepat, tepat, akurat, transparan, akuntable dan mudah diakses," jelas dia.(*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah