Headlines News :
Home » , , » Kasad resmikan Kodam XIII Merdeka

Kasad resmikan Kodam XIII Merdeka

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 20 Desember 2016 | 13.46

Manado - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono meresmikan Kodam XIII Merdeka, di Manado, Sulawesi Utara, Selasa.

"Kodam XIII Merdeka saya nyatakan diresmikan," kata Mulyono, pada upacara peresmian dan pelantikan Pangdam XIII Merdeka serta alih Kodal Satuan dari Kodam VII Wirabuana kepada Kodam XIII Merdeka.

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan terbentuknya Kodam XIII Merdeka tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama semua pihak, khususnya pemerintah daerah dan masyarakat Sulawesi Utara yang secara historis pernah memiliki Kodam XIII Merdeka, beberapa waktu lalu.

"Memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas semua pihak yang telah membantu, memberikan kontribusi dalam merencanakan dan mempersiapkan pembentukan Kodam XIII Merdeka," ujarnya.

Ia mengatakan dihadapkan pada perkembangan dengan lingkungan strategis serta ancaman aktual maupun potensial terhadap kedaulatan NKRI, tidak diragukan lagi eksistensi komando kewilayahan masih sangat relevan dan dibutuhkan.


TNI AD secara terus menerus menata organisasi di jajaranya dan salah satu diantaranya pembentukan Kodam XIII Merdeka dengan wilayah pembinaan meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Hal ini merupakan gelar kekuatan TNI AD yang menjadi bagian pembangunan postur TNI AD.

Secara geografis Pulau Sulawesi yang selama ini menjadi wilayah binaan Kodam VII Wirabuana sangat luas dengan kondisi medan bervariasi yang berakibat pada panjangnya rentan komando dan pengendalian oleh Kodam yang berkedudukan di Makassar.

Disamping itu kompleksitas permasalahan sosial yang terjadi di wilayah Sulawesi Utara, juga menuntut penanganan yang efektif dan efisien.

"Dengan pertimbangan tersebut pembentukan Kodam XIII Merdeka ini, merupakan salah satu solusi untuk mengefektifkan komando dan pengendalian pengendalian satuan-satuan TNI AD di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, untuk mengatasi persoalan-persoaln yang terjadi," tegasnya.

Upacara itu ditandai dengan pembukaan selubung pataka Kodam XIII Merdeka Jaya Sakti oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono. Kemudian penyerahan pataka Kodam XIII Merdeka dari Kasad Jenderal TNI Mulyono kepada Pangdam XIII Merdeka Mayor Jenderal TNI Ganip Warsito.

Serta alih Kodal satuan dari Pangdam VII Wirabauna Mayjen TNI Agus Surya Bakti kepada Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

Pada upacara itu dihadiri pejabat TNI AD, Pangdam VII Wirabana Mayjen TNI Agus Surya Bakti Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Tengah dan Gubernur Gorontalo, Forkopimda Sulut, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.(*)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah