Headlines News :
Home » , » Sebanyak 291 Pelanggar IMB Jalani sidang Yustisi di PN Jakut

Sebanyak 291 Pelanggar IMB Jalani sidang Yustisi di PN Jakut

Written By armen on Kamis, 30 November 2017 | 11.49

Sebanyak 291 pelanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjalani sidang Yustisi di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara,yang sementara menempati  bekas gedung pengadilan Jakarta Pusat di jln Gajah Mada Kamis 30/11/2017. 

Sidang yang dipimpin Hakim Agus Darwanta SH  ini, menyatakan 291 pemilik bangunan terbukti bersalah. Mereka para pemilik bangunan divonis denda yang beragam sesuai dengan tingkat kesalahanya.

Masing-masing pelanggar diganjar sanksi denda mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 35 juta, sesuai jenis pelanggaran yang diatur dalam Pergub Nomor 128 Tahun 2012 tentang Pengenaan Sanksi Pelanggaran Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Dalam sidang itu para pemilik bangunan langsung menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) lantaran terbukti bersalah dan tidak mengantongi IMB,dan tidak sesuai dengan izin lainya  sehingga dijatuhkan denda yang beragam sesuai tingkat kesalahannya.

PPNS suku dinas cipta karya pertanahan dan pengukuran CITATA  menerangkan bahwa  hari ini akan disidangkan seluruh kecamatan di Jakarta Utara

" Total seluruhnya 291 pelanggar IMB dari enam kecamatan di Jakarta Utara yang disidangkan hari ini. Wilayah kecamatan yang paling banyak berada di Kecamatan Penjaringan sebanyak 72 pelanggar,"  kata Poniman .

Sesuai Perda No 7 tahun 2010 tentang Perizinan Bangunan, setiap bangunan baru harus melengkapi persyaratan yang diatur dalam perda tersebut. Ada 291 bangunan tak berijin di Jakarta Utara yang terjaring operasi yustisi. Mereka yang melanggar langsung diserahkan ke pengadilan untuk di proses sesuai dengan hukum.

Dalam kesempatan itu Poniman berharap, hal ini bisa menjadi perhatian masyarakat sebelum membangun. Sehingga kedepanya masyarakat melengkapi IMB dan mengikuti aturan sesuai Perda No 7 tahun 2010 tentang IMB.

"Kita berharap operasi yustisi terhadap para pemilik bangunan yang melanggar menjadi efek jera bagi pelanggar lainnya. Warga juga harus mengikuti aturan sesuai Perda No 7 tahun 2010 tentang IMB," katanya. 

291 lokasi bangunan tersebut tersebar di 6 Kecamatan di Jakarta Utara.  52 Bangunan berada di Kecamatan Tanjung Priok, 41 Bangunan di Kecamatan Kelapa Gading, 25 Bangunan di Kecamatan Koja, 75 bangunan di Kecamatan Penjaringan, 35 bangunan di Kecamatan Cilincing, serta 34 bangunan  di Kecamatan Pademangan.( met )
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah