Headlines News :
Home » , » "Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa Thn 2017" dengan Program "Intan Emas" nya

"Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa Thn 2017" dengan Program "Intan Emas" nya

Written By armen on Selasa, 30 Januari 2018 | 17.11

Jakarta- Tahun 2018 ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Utara mengembangkan program Informasi Pertanahan (Intan) dan Elemen Masyarakat (Emas).

Kepala Kantor BPN Jakarta Utara, Kasten Situmorang mengatakan, Inovasi program Intan tersebut merupakan hak paten yang ia bangun ketika di BPN Pemalang, Jawa Tengah saat itu. 

"Dalam program Intan tersebut terdapat SMS Center yang dapat  dilihat oleh di seluruh dunia dengan jangka waktu akses 10 detik untuk mengetahui letak berkas pertanahan yang dimohonkan,"bebernya.

Kemudian di Jakarta Utara, kata Kasten, Pihaknya mengembangkan program Intan dengan versi berbeda yakni dengan melalui layar monitor berkas yang terpampang di Pelayanan BPN.

"Dengan layar monitor berkas tersebut, masyarakat dapat melihat langsung posisi berkas pertanahan yang di ajukan,"ujarnya.

Menurutnya, Layar monitor berkas tersebut merupakan inovasi pertama di Indonesia. Selain itu, layar tersebut bertujuan untuk keterbukaan informasi publik (KIP).

Sementara tambah Kasten, Sedangkan Emas atau Elemen Masyarakat adalah semua yang berhubungan dengan masyarakat yang meliputi, Rumah, Tanah, Rumah Ibadah dan lainnya bahkan sungai dan got akan dilakukan pensertifikatan. 

"Sehingga dengan adanya sertifikat tersebut menimbulkan satu peta yang terlengkap di Indonesia. Sehingga letak tanah masyarakat tersebut jelas. Jadi Intan Emas adalah inovasi pertanahan dimana seluruh tanah-tanah yang berhubungan dengan elemen masyarakat dapat menjadi satu peta global"jelasnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini BPN Jakarta Utara telah mempersiapkan perangkatnya seperti petugas ukur, petugas pendataan tanah serta melibatkan pihak Rt maupun Rw" tambahnya.

Dengan berbagai inovasi pernah dilakukannya, pantaslah bila Kasten Situmorang layak di anugrahi sebagai "Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa" sehingga banyak mendapatkan penghargaan maupun piagam dari berbagai pihak diantaranya :

  1. Mendapatkan Penghargaan dari Kepala BPN Bapak Joyo Winoto, sebagai Kantor Pelayanan Prima Pertanahan Terbaik II Kategori II (Jumlah layanan permohonan dari 100 sampai 1000 permohonan perbulan) dalam rangka penilaian kinerja pelayanan pertanahan tahun 2011 Tingkat Nasional.
  2. Kasten Situmorang meluncurkan program yang bernama INTAN (Inovasi Pertnahan) di BPN Pemalang, yaitu SMS Centre yang dibuka untuk dunia, dimana semua masyarakat dapat mengakses via SMS dimana posisi berkasnya, sudah selesai apa belum, dan jika ada keterlambatan pengerjaan berkas dapat mengadukan lewat SMS Centre dan semua HP pejabat dan petugas mendapat pesan yang sama.
  3. Didalam INTAN itu terdapat inovasi layanan mengenai ZONA NILAI TANAH yaitu harga tanah real dapat diakses kepada SMS dalam hitungan beberapa detik, sudah dapat diketahui harga tanah, harga tertinggi dan terendah pada setiap lokasi tanah.
  4. Kemudian ada PETA TEMATIK, yaitu membuat peta judul tertentu, sehingga dapat diakses melalui publik dimana posisi letak dari kawasan industry, dimana kawasan pariwisata, pemukiman dan sebagainya. INTAN ini mendapat 33 inovasi terbaik pelayanan publik Indonesia pada thun 2014 dari Sabang sampai Merauke dan satu-satunya Kantor Pertanahan di Indonesia yang masuk nominasi.
  5. Berkat inovasi Kasten mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Borokrasi (RB) merupakan salah satu dari 33 inovasi terbaik pelayanan publik Indonesia tahun 2014 dari 515 peserta lomba inovasi dari Sabang sampai Merauke.
  6. Atas inovasi INTAN tersebut, Bupati Pemalang memberikan Piagam Penghargaan sebagai Dukungan kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang dan seluruh jajarannya dan beberapa kali juara Pertama serta mendapatkan penghargaan dari Kakanwil BPN mengenai PRONA dan Program lain se Jawa Tengah.
  7. Berikutnya Piagam Penghargaan dri Kementerian Agama RI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Langkat atas tersertifikatkannya tanah wakaf di Kabupaten Langkat Sumatera Utara.
  8. Selanjutnya Piagam Penghargaan dari Rektor Universitas Sumatera Utara atas jasa Kasten Situmorang menerbitkan Sertifikat Hak Pakai Kebun Percobaan USU seluas 369,2 hektar yang sudah puluhan tahun berproses sertifikatnya.
  9. Berikutnya Piagam Penghargaan dari Kementerian PU (Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara) atas jasa pengadaan tanah untuk pembangunan bendungan di Sewampu berjalan lancar, cepat dan tepat.
  10. Selanjutnya menerima Piagam Penghargaan dari Kakanwil Sumatera Utara kepada Kepala Kantor Pertanahan Langkat dan jajarannya sebagai Kantor Pertanahan Peringkat I se Sumatera Utara, System Kendali Mutu Program Pertanahan (SKMPP) Prona.
  11. Mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kakanwil Sumut kepada Kepala Kantor Pertanahan Langkat dan jajarannya sebagai Kantor Pertanahan Peringkat Kedua layanan sehari-hari kepada masyarakat se Sumatera Utara.
  12. Piagam Penghargaan dari Kapolres Langkat atas Penerbitan Sertifikat Tanah asset Polri yang berada di Wilayah Kabupaten Langkat.
  13. Piagam Penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MKM) RI sebagai “Tokoh Inspirasi Pembangunan Anak Bangsa 2017”.
Untuk tahun 2018 ini, BPN Jakarta Utara akan mensertifikatkan 44 ribu bidang tanah melalui Program Tanah Secara Langsung (PTSL), dan ini baru pertama kali di BPN Jakarta Utara mndapatkan PTSL sebanyak itu karna selama ini belum peenah terjadi sebanyak itu"; tegasnya.

Karna program tersebut langsung dari Presiden RI maka, siap tidak siap program tersebut harus berjalan. "Ini perintah langsung dari Prediden RI melalui Menteri ATR BPN, jd selaku Kepala Kantor, saya beserta staf di BPN Jakarta Utara akan melaksanakan dengan sebaik-baiknya, tandas Kasten Situmorang. Ar'$/Ch Hsb
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah