Headlines News :
Home » , » Polres Jakut Musnahkan Barang Bukti Ganja dan Shabu

Polres Jakut Musnahkan Barang Bukti Ganja dan Shabu

Written By armen on Selasa, 20 Februari 2018 | 14.14

Jakarta - Polres Metro Jakarta Utara menggelar acara pemusnahan Barang bukti narkotika berupa  ganja dan shabu shabu di halaman MaPolres Jakarta Utara jl Laksamana Yos Sudarso pada Senin 19/02/2018.

Pemusnahan barang bukti narkotika ini dihadiri dan disaksikan oleh sejumlah pihak meliputi Kejaksaan Agung, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pemerintah Kotamadya, dan Komando Distrik Militer.

Barang bukti Narkotika Jenis Ganja yang berjumlah 42 kg dimusnahkan dengan cara di bakar, sedangkan shabu-shabu seberat 223 gr dimusnahkan dengan cara dicairkan dan dihancurkan menggunakan blender.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Aldo Ferdian mengatakan pemusnahan tersebut untuk memberikan kepastian hukum sesuai surat ketetapan status barang bukti yang dikeluarkan oleh kejaksaan.

“Selain itu juga untuk memberi efek jera kepada bandar narkoba dan para pengguna khususnya di wilayah Jakarta Utara serta wujud transparansi kepada instansi terkait,” ucapnya.

Selanjutnya Aldo menjelaskan pada bulan Desember 2017 ada tiga kasus yang diungkap pihaknya dengan empat tersangka dan hal tersebut merupakan hasil pengembangan 

Kasus pertama yakni di Jalan Arteri I, Tanah Abang, Jakarta Pusat dengan dua tersangka, Lili Supadli dan Ega Anggara dan barang bukti sabu sebesar 226,91 gram.

Kasus berikutnya di Jalan Maharaja Blok B RT 001/RW 015, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat ditemukan 42 bungkus ganja, @ 1 kg dengan jumlah keseluruhan 42 kilogram dari Rifqi Amanullah.

Kasus lainnya di Jalan Haji Kimah Denoh RT 009/RW 001, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat dengan tersangka Sarfiadi dan barang bukti ganja sebesar 1.000 gram.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 111 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Atas perbuatannya mereka diancam dengan hukuman pidana maksimal hukuman mati.

Aldo juga mengimbau peran serta masyarakat dalam mencegah peredaran narkoba. Sehingga peredaran barang haram tersebut bisa ditekan seminimal mungkin.

“Wilayah Jakarta Utara masih menjadi tempat pemasaran yang cukup tinggi dan peredarannya hampir terjadi di semua wilayah di Jakarta Utara. Sehingga peran penting masyarakat diperlukan untuk melaporkan adanya penyalahgunaan," tuturnya kepada wartawan.( met )
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah