Headlines News :
Home » , , » Sekcam Belik : Proyek KOMPAK Untuk Penanggulangan Kemiskinan

Sekcam Belik : Proyek KOMPAK Untuk Penanggulangan Kemiskinan

Written By armen on Rabu, 04 April 2018 | 18.31


Jakarta MP - Salah satu strategi pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan dilakukan melalui dukungan jaminan sosial, pelayanan dasar, dan penghidupan berkelanjutan sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 -2019.

Pelayanan dasar menentukan sejauh mana hak warga terpenuhi, sehingga dapat hidup sejahtera dan terbebas dari kemiskinan. Karena itu pelayanan dasar harus menjangkau warga hingga di garis depan, untuk dipenuhinya hak atas identitas hukum, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dasar, dan perlindungan sosial.

Salah satunya berupa proyek kolaborasi masyarakat dan pelayanan untuk kesejahteraan (KOMPAK) yang mendukung program penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan pelayanan dasar di garis depan dengan cara memperkuat kedudukan kecamatan dan peran Camat serta peningkatan kapasitas Aparat Kecamatan.

Dengan Pertimbangan 270.054.853 jiwa penduduk yang membutuhkan pelayanan dasar tersebar di 1.922.570 km2 daratan dan 3.257.483 km2 perairan pada 13.466 pulau bernama (dari 17.504 pulau tidak ternama) berada di 74.754 desa dan 8.430 kelurahan dalam wilayah 415 kabupaten, 1 kabupaten administratif, 93 kota, 5 kotif di 34 provinsi, tentunya lebih memungkinkan diselenggarakan oleh 7.231 kecamatan.

Terkait hal tersebut diatas Sekretaris kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Sutopo SH mengatakan,” Kegiatan Bimtek tersebut bertujuan untuk membantu Camat yang sigap dan cakap dalam penanggulangan kemiskinan dan pelayanan dasar serta pemberdayaan ekonomi masyarakat”.
Karena Kecamatan adalah satu-satunya OPD dalam kerangka otonomi daerah yang mempunyai wilayah kerja untuk melaksanakan pemerintahan umum di wilayah terdepan dan terdekat dengan Desa dan/atau Kelurahan dalam pemberian pelayanan publik kebutuhan dasar masyarakat serta melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya (termasuk kelurahan) dan pembinaan kegiatan Desa.

Menindaklanjuti program tersebut di atas, KOMPAK telah mendukung pemerintah dengan meningkatkan kapasitas Kecamatan dan Aparat Kecamatan, bekerja sama dengan Direktorat Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerjasama, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian dalam Negeri dan Biro Tata Pemerintahan Dalam meningkatkan kapasitas tersebut, KOMPAK telah mengadakan kegiatan dengan tahapan pelaksanaan berikut ini:
Untuk pelatihan itu sendiri terbagi dalam dua sesi pelatihan, sessi pelatihan Camat Batch I dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Provinsi Jawa Tengah pada 29 Maret – 1 April 2017. Sedangkan sesi pelatihan Camat Batch II dilaksanakan di Hotel Arjuna, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 19-22 April 2017, jelas Sutopo SH.( met )
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah