Headlines News :
Home » , , , » BNN dan Bea Cukai berhasil ungkap jaringan penyelundup 68 kg Katinon dan 15.487 butir Ekstasi siap edar

BNN dan Bea Cukai berhasil ungkap jaringan penyelundup 68 kg Katinon dan 15.487 butir Ekstasi siap edar

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 29 Mei 2018 | 21.59


Jakarta MP - Direktorat Bea Cukai kementrian keuangan dan Badan Narkotika Nasional (BNN)   berhasil mengungkap jaringan penyelundupan narkotika melalui paket pos lintas negara asal Negeria dan Belgia,petugas mengamankan bukti narkotika berupa daun khat seberat 68 kg berjenis katinon dan 15.487 butir pil ekstasi,kemudian petugas juga mengamankan pelaku yang berjumlah sebelas (11) orang. 

Jaringan ini berhasil diungkap berdasarkan informasi  dari intelijen setelah empat paket yang diduga narkotika, tiba di Kantor Pos Pasar Baru pada 16/3/2018 lalu.di mana dua paket akan dikirimkan ke Jakarta Utara, dan dua paket lainnya akan dikirimkan ke Dumai, Riau.

Menurut Heru prambudi selaku Direktur jendral bea cukai diacara jumpa press yang di gelar pada 28/5/2018 menjelaskan "selain berhasil mengungkap jaringan penyelundupan 68 kg jenis katinon petugas Bea Cukai dan BNN juga berhasil mengungkap jaringan penyelundupan lima (5) paket barang kiriman yang berisi ekstasi 15.487 butir siap edar", tegasnya.

Pil ekstasi tersebut dikirim dalam lima paket kecil berisikan masing-masing, 3.080 butir, 3.163 butir, 2.993 butir, 3.268 butir dan 1.986 butir.

Heru juga menambahkan bahwa kasus yang berhasil diungkap diatas turut menambah daftar panjang penindakan narkotika yang di lakukan Bea Cukai,hingga mei 2018. Bea Cukai telah berhasil melakukan seratus sembilan puluh dua (192) kasus penindakan degan berat total barang tindakan mencapai 3.559 ton,meningkat dari tahun 2017 pada periode yang sama.

Selanjutnya, paket tersebut dibawa ke laboratorium Bea Cukai untuk uji sampel. Hasilnya ternyata daun Khat yang mengandung katinon dan masuk ke dalam jenis narkotika.

“Daun khat ini sudah kita operasi di puncak beberapa waktu lalu disana, dan kita pastikan sudah tidak ada lagi yang menanam. Tapi kami sadar ada kebutuhan dan ini adalah impor dari Lagos melalui kantor pos di Pasar Baru, jumlahnya adalah 68 kg,” ujar Heru di Auditorium Sabang, Gedung Bea Cukai, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur.

Empat paket pertama diungkap pihak Bea dan Cukai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Keempat paket asal Belgia itu rencananya akan dikirim ke empat tempat berbeda yakni, Bogor, Cikarang, Leuwi Panjang, dan Sukajadi.

Selain barang bukti narkoba, pihak BNN juga menghadirkan 11 pelaku yang terdiri dari 10 pria dan 1 wanita. Mereka ditangkap di beberapa lokasi berbeda seperti Cikarang dan Bandung.(met)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah