Headlines News :
Home » , , » H.M Irsyad : Manfaatkan RPTRA Untuk Mengenalkan Budaya Betawi

H.M Irsyad : Manfaatkan RPTRA Untuk Mengenalkan Budaya Betawi

Written By Jainal Fatmi on Sabtu, 12 Mei 2018 | 11.54

JAKARTA, MP- Ketua forum RW Rawa Badak Selatan (RBS) mengajak Bamus Betawi memanfaatkan RPTRA yang ada di Jakarta Utara untuk "mengkader" warga masyarakat belajar seni dan budaya betawi. Ketua  Umum Forum rw rawabadak selatan, HM. Irsyad memastikan sinergisitas dengan Bamus Betawi, mau tidak mau tetap melibatkan RT/ RW setempat.

“Untuk pengenalan Seni dan Budaya Betawi kepada masyarakat tidak harus semuanya melalui panggung panggung acara,”jelas Irsyad di sela sela acara Betawi On Stage di Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat, (11/5/2018).

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA seluruh wilayah Jakarta Utara ini dapat di manfaatkan oleh DPD Bamus Betawi Jakarta Utara dengan semaksimal mungkin, dalam mengajarkan budaya betawi kepada para warga setempat, seperti belajar pantun, menari atau kesenian betawi lainnya.

“Bamus Betawi dapat memanfaatkan RPTRA yang ada di seluruh Jakarta Utara. Dan agar semua berjalan baik, Bamus Betawi tentunya harus banyak bergerak, baik di tingkat kota atau tingkat provinsi,” ujar Irsyad.

Menurut Irsyad, Di Era Digital ini kebudayaan betawi bukannya tertinggal, tetapi sepertinya kurang ter-ekspos atau sepertinya kurang maksimal.

“Saya melihat budaya betawi ini sudah tidak banyak di kenal orang. Tetapi acara Betawi On Stage ini sungguh sangat bagus dan sangat positif sekali,” kata Irsyad.

Melalui kegiatan ini, pola pengenalan kembali budaya betawi kepada masyarakat cukup baik. Pengenalan kembali bukan saja untuk budaya betawi, tetapi juga kepada kulinernya

Irsyad juga menilai, Kalau di masyarakat, anak anak kecil kalau kita tanya, tau tidak Kue Geplak dan Kue Dongkal, kuliner dari betawi, dan dari kebanyakan di jawabnya oleh anak anak tersebut, jawabnya tidak tau. Dan dengan adanya kegiatan ini, Betawi On Stage atau Betawi Manggung akhirnya anak anak ini banyak yang mengetahui, karena anak anak itu melihat secara langsung kue kue tradisionil khas betawi tersebut tersedia disini.

Seperti, kalau yang di sebut Kue Geplak itu begini, Kue Dongkal itu begini. Baju Betawi itu begini, dan cara pakai baju betawi itu begini,

“Dari yang tidak tau, akhirnya anak anak kite ini semuanya jadi tau, Cakep kan,” jelas Irsyad dengan logat betawinya yang kental. ( ids )
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah