Headlines News :
Home » , , » Rawabadak Selatan Gelar Acara Bernuansa Betawi

Rawabadak Selatan Gelar Acara Bernuansa Betawi

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 15 Mei 2018 | 02.45


JAKARTA, MP - Rawabadak selatan kecamatan koja menggelar acara pada minggu malam yang bertema malam.nuansa betawi
Acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad, Anggota DPRD Syarifudin dan Tubagus Arif, Syamsudin OKK Bamus Betawi, Ketua Forum RT RW DKI Jakarta, M. Irsyad dan Ketua RW Se-RBS, beberapa pejabat serta tokoh masyarakat lainnya.
“Sungguh tinggi pohon Kecapi, lebih tinggi pohon Rambutan. Gelar malam bernuansa Betawi, hanya ada di Rawa Badak Selatan, “pantun Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad mengawali pidatonya pada malam Bernuansa Betawi di RBS.
Acara Malam Bernuansa Betawi itu,  tambah Murad, merupakan idenya Lurah Sutarjo yang direspon oleh seluruh warga RBS, Seperti disaksikan pada malam ini, kata dia, betul-betul bernuansa Betawi. Betul-betul warga ini menikmati acara ini

Menurutnya, acara seperti ini menjadi kebahagiaan warga masyarakat RBS, terutama warga Betawi yang mengapresiasi seni budaya Betawi, sesuai Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi. Jadi, ini dihidupkan dan mengembangkan nilai-nilai seni budaya Betawi tersebut.
Murad juga sempat menyingung RPTRA Rawa Badak Selatan, Rasela menjadi perhatian publik, karena malam harinya ada hiburan terutama pada malam Minggu. Ini berbeda dengan RPTRA lainnya di DKI.
Disampng itu, RBS banyak menjuarai lomba, baik dibidang kebersihan, penghijauan, bidang sosial, pembinaan masyarakat. Hingga puncaknya, terpilihnya RPTRA Rasela RBS terbaik di Provinsi DKI Jakarta.
“Luar biasa acara ini diapresiasi  oleh masyarakat. Suatu saat RBS akan didatangi oleh beberapa pihak, baik dari Jakarta maupun dari luar Jakarta untuk belajar ke RBS. Sekali lagi, mari kita nikmati kebersamaan, kekompakan,  sebagaimana yang dibina dan ditunjukkan oleh Lurah RBS Sutarjo. Ini contoh pembinaan kemasyarakatan, “pungkas Husein.
Sementara itu Lurah Sutarjo menyampaikan, kegiatan Malam Bernuansa Betawi tersebut bukan semata-mata atas dirinya saja, namun mengajak dan mengumpulkan kepada RT dan RW RBS untuk bersepakat, sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan.
“Diluar  dugaan ternyata bajunya baru semua termasuk cincin saya. Kalo ingin bernuansa Betawi harus pake cincin, haha, “canda Sutarjo yang disambut tawa hadirin.

Acara ini juga untuk silaturrahmi dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H. Dia berdoa, semoga acara kali ini semuanya bisa saling bertemu, bersilaturrahmi dan saling memaafkan. Jadi, ketika memasuki bulan puasa dalam keadaan bersih dan dapat melaksanakan ibadah puasa dalam keadaan sehat walafiat.
Tidak banyak yang dia sampaikan, tapi yang jelas, seni budaya Betawi ini ada, tapi kadang-kadang tidak nampak. Makanya, kata dia, yang ditampakkan malam ini yakni Malam Bernuansa Betawi.
“Pak Wali Kota, walaupun  kita lahir dan datang dari daerah ke sini (Jakarta) tetap cinta pada budaya Betawi.
Insya Allah kedepan, acara seperti ini tetap terselenggara dan menjadi tradisi di Kelurahan Rawa Badak Selatan.
Ijinkan saya beepantun. Beli ikan ame sawi. Mau diapain. Dimasak sarapan pagi. Yok kite lestarikan budaya Betawi. Kalo bukan kite siape lagi, “tandas  Sutarjo yang disambut tepukan gemuruh dari hadirin.( ids)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah