Headlines News :
Home » , » Sudin Sosial Jakut Temukan Pria Lansia Di Kolong Tol Warakas

Sudin Sosial Jakut Temukan Pria Lansia Di Kolong Tol Warakas

Written By armen on Kamis, 28 Juni 2018 | 19.35

Jakarta MP - Anggota Sudin Sosial Jakut menyelamatkan seorang pria lanjut usia dalam kondisi sakit,  dirinya  mengaku tak memiliki keluarga ini diselamatkan petugas dari kolong tol Warakas berdekat  dengan Jalan Warakas 5 gang 3 RT/RTW 06/08 Kelurahan Warakas Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pria yang diketahui bernama Bernandus L AL Erdiansyah (65) telah cukup lama tinggal di bawah kolong tol tersebut.

Menurut penjelasan dari  Widia, berdasarkan laporan dari warga setempat bahwa ada seorang pria lansia yang tengah terbaring di sekitar tumpukan sampah, kemudian petugas langsung meninjau kelokasi.

"Saya mendapatkan laporan dari pengurus RT setempat kalo ada lansia telantar di kolong tol dengan kondisi sedang sakit dan tidak mempuyai data dan keluarga," ujar Widia Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Utara saat diminta keteranganya pada Kamis 28/6/2018.

Setelah tiba di lokasi, petugas menemukan dalam kondisi sangat lemah dan hanya mampu berbicara serta tidak mampu berjalan, pihaknya melakukan kordinasi dengan Ambulans Gawat Darurat (AGD) melalui 112 untuk dibawa ke Rumah Sakit Koja Jakarta Utara agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Widia menambahkan bahwa bernandus adalah sosok pria yang telah lama menghuni disekitar kolong tol, dia juga pernah memiliki rumah tinggal dan pekerjaan yang cukup baik. 

"Bernandus tinggal di bawah tol ya sudah lama dari zaman banyak bangunan di bawah tol sampai penataan yang dilakukan oleh pemprov Jakarta Utara kemarin. Menurut informasi RT setempat  Bernandus masa mudanya bekerja sebagai pelayar," kata Widia.

Lebih lanjut  Widia  memaparkan bahwa Bernandus pernah menikah dengan seorang janda beranak tiga. Ketika istrinya meninggal, rumah yang sebelumnya ia tempati dijual oleh anak tirinya. Sedangkan anak tirinya pindah meninggalkanya. 

Hal itu membuat Bernandus telantar hingga akhirnya menetap di bawah kolong tol. Adapun untuk kebutuhan makan sehari-hari, Bernandus dibantu oleh warga yang peduli dengan kondisi keadannya yang kekurangan karena dahulu orang tuanya di kenal baik kepada warga sekitar. 

"Jadi untuk urusan makan tidak masalah. Tetapi semakin lama kesehatan Bernandus semakin menurun sehingga tidak bisa ditolong lagi. maka dari itu mereka melaporkannya ke Dinas Sosial," ujar Widia.

Saat ini Bernandus telah dirawat di rumah sakit Koja. Pihaknya akan memantau kondisi kesehatan Bernandus untuk memastikan dia kembali sehat dan bisa beraktifitas. Jika Bernandus berkenan, pihaknya akan membawanya ke panti lansia milik Dinas Sosial.(met) 
Share this post :

+ komentar + 3 komentar

28 Juni 2018 20.44

mdah"an keadaan om nadus cpat mmbaik dn trwat
Slut dngn pnanganan sudin yg grak cpat

28 Juni 2018 20.51

Salut buat sudin sosial cepat reaksinya

28 Juni 2018 23.35

Trims sudin dan stake holder yg sudah membantu bpk.bernadus

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah