Headlines News :
Home » , , » SudinKependudukan Catatan Sipil Gelar Biduk di RW 05 Pademangan Barat

SudinKependudukan Catatan Sipil Gelar Biduk di RW 05 Pademangan Barat

Written By Jainal Fatmi on Kamis, 12 Juli 2018 | 17.17


Pademangan-Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (sudin Dukcapil) Jakarta Utara menggelar bina kependudukan (biduk) di RW 05, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jalan Pademangan II Gang 13, Rabu (11/07).
Turut hadir dalam kesempatan iti, Kepala Dinas Dukcapil DKI Dhany Sukma, Kasudin Dukcapil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat, Sekretaris Kota Desi Putra, Camat Pademangan Mumu beserta Lurah.
Sekretaris Kota, Desi Putra mengatakan, biduk ini dilaksanakan dalam rangka mendata jumlah pendatang yang masuk di Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan biduk ini serentak dilaksanakan di lima wilayah dan satu kabupaten di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Bina kependudukan  dilaksanakan dalam rangka melakukan pembinaan kepada masyarakat secara langsung melalui pendataan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan, dilanjutkan dengan pelayanan administrasi kependudukan.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Instruksi Gubernur No.62 Tahun 2018 Tentang pengendalian arus mudik dan arus balik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 H, serta Instruksi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta No.19 Tahun 2018 Tentang pelaksanaan bina kependudukan serentak di Kota atau Kabupaten di Provinsi DKI Jakarta, oleh karena itu bina kependudukan memiliki landasan hukum yang kuat dan dapat di pertanggung jawabkan.
Ia menerangkan lagi, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, jumlah penduduk Jakarta Utara sebanayk 1.716.591 jiwa yang tersebar di 6 kecamatan dan 31 kelurahan. Berdasarkan hasil pendataan pada saat arus mudik dan arus balik jumlah  arus mudik sebanyak 5.865.207 jiwa dan arus balik sebanyak 5.934.686 jiwa, selisinya sebanyak 69.479 jiwa adalah pendatang baru dan disinyalir penyebarannya untuk Jakarta Utara sebanyak 17.811 jiwa (25,63 %).
“Kondisi seperti ini Pemerintah Jakarta Utara melalui tim bina kependudukan perlu melakukan pendataan dan pengawasan pendatang baru, salah satu upayanya adalah melaksanakan pembinaan kependudukan terpadu seperti yang dilakukan seperti ini,”kata Desi Putra.
Ia menerangkan kembali dipilihnya biduk di wilayah Kelurahan Pademangan Timur merupakan wilayah yang cukup padat penduduknya yang berjumlah 32.410 jiwa dan merupakan sasaran para penduduk pendatang baru karena berdekatan dengan stasiun kereta api, terninal bus dan pelabuihan. Selain itu, disini juga tredapat sentral bisnis dimana ada 56 perusahaan atau pabrik di wilayah ini yang bergerak dibidang pakaian, rumah makan, kost-kostan dan usaha pembuatan roti.
“Kami berharap dengan adanya biduk ini tentu ada kesadaran dari warga yang datang kesini, nanti begitu mnereka datang, teman-teman langsung melayani bagimana para pendatang mendapatkan surat keterangan domisili sementara (SKDS) dan berlaku selama satu tahun,”terangnya.
Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Dhany Sukma menambahkan, untuk para pendatang Jakarta terbuka untuk semua yang terpenting mereka memiliki identitas yang jelas.
“Ketika mereka memiliki identitas yang jelas maka pengendaliannya maka kita berikan SKDS sebagai alat untuk beraktifitas di Jakarta dan kita ingin memastikan bahwa dokumen kependudukan mereka memang ada. Disamping itu, kita juga pingin ada pendekatan pelayanan masyarakat yang lebih di dekatkan pada masyarakat   dengan pendekatan dialogis berinteraksi langsung seperti ini,”ujar Dhany(ids)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah