Headlines News :
Home » , , » Dana Desa Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Bao Bao

Dana Desa Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Bao Bao

Written By Jainal Fatmi on Senin, 06 Agustus 2018 | 18.47

Konawe MP - memanfaatkan penggunaan anggaran Dana Desa(DD) secara efektif untuk peningkatan infrastruktur,khususnya jalan,secara langsung dapat mendukung aksesbilitas masyarakat terhadap pusat-pusat perekonomian,misalnya pasar,sehingga dalam penyaluran produk masyarakat berupa hasil bumi dapat lebih baik dengan nilai yang tinggi,itu akan bermuara pada pertumbuhan ekonomi.

Demikian halnya Desa Bao Bao, kecamatan Sampara, Kabupaten Konawe,Sulawesi Tenggara (sultra).DD terprogram berdasarkan hasil rembukan pemerintah desa dan masyarakat ,kemudian prioritaskan pada infrastruktur dalam bentuk perbaikan jalan, bronjong,drainase,dan pembuatan sumur bor. Ini di harapkan lebih prioritas dan menjadi kebutuhan masyarakat Desa Bao bao.

Menurut kepala Desa (Kades) Bao Bao Husin, pemerintah sudah siapkan sarana dan prasarana untuk mendorong masyarakat menjalankan dan mengembangkan ekonominya. Setelah itu terpenuhi pemerintah desa kemudian melakukan pemberdayaan secara optimal dengan pelatihan-pelatihan sesuai bidang kerja dari masyarakat desa. 

''Bila sarana dan prasarana sudah terpenuhi dengan baik,masyarakat akan semakin maju dan berkembang dalam menjalankan usahanya,misalnya dalam bidang perkebunan, bila jalan sudah bagus,hasilnya juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Di sektor inilah salah satu pemanfaatan Dana Desa di Desa Bao Bao'', papar Kades Husin.

Di jalaskan secara detail oleh  Husin,untuk program DD, dengan jumlah kepala keluarga (KK) 116 ini,program sumur bor yang terletak di dusun 2 dan dusun satu,ada juga pekerjaan bronjong sepanjang 70 meter dengan volume 140 meter terletak di dusun 2, dan pembuatan drainase sepanjang 50 meter, kemudian pembibitan kelapa 580 pohon  teletak di dusun,1,dusun 2 dan dusun 3.

Selain seluruh perangkat desa,BPD dan masyarakat juga ikut  di libat dalam pelaksanaan DD ini,Kades sebagai penanggung jawab dan memonitoring pelaksanaanya,juga di bantu TPK Hasruddin,s.sos,dan bandahara desa,Ismaryani.(herman) 
 



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah