Headlines News :
Home » , » Malaria Sultra Meminta PT,SPR Mengembalikan Lahan dan Melaksanakan CSR Kepada Warga

Malaria Sultra Meminta PT,SPR Mengembalikan Lahan dan Melaksanakan CSR Kepada Warga

Written By armen on Rabu, 17 Oktober 2018 | 13.24

Sultra MP-Adanya dugaan penyerobotan lahan warga Desa Molore dan Molore Pantai selaku pemilik lahan (Jety Lameruru) di Desa Molore Pantai kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara.

PT Stargate Pasific Resourcer (SPR) yang berada Di Kecematan Langgikima Kabupaten Konawe Utara dianggap tidak melaksanakan Tanggung Jawab Sosial.Perusahaan (CSR) yang kepada pemilik lahan maupun warga setempat.

Jety Lameruru selaku pemilik lahan, yang mana lahan tersebut pernah dikontrak PT Stargate Pasifie Resourcer dari tahun 2004 sampai tahun 2012. Setelah selesai masa kontrakan kemudian lahan tersebut digunakan sebagai pelabuhan pertambangan tanpa sepengetahuan pemilik lahan dimana hal tersebut bertentangan dengan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 51 Tahun 1960 Tentang Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin Yang Perhak Atau Kuasanya. 

Semenjek keberadaannya PT. SPR dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan Mineral dan batu bara sampai saat ini belum pernah melaksanakan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat di Desa Molore Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara scbagai desa yang terkena dampak lingkungan yang sangat parah dengan adanya kubangan besar bekas galian sedalam tujuh puluh kilometer dan matinya kali akibat lumpur pertambangan serta menguningnya air sebagai aliran air bersih masyarakat Desa.

PT Stargate Pasific Resourcer sebagaimana di atur dalam Undang-Undang RI No 40 Tahun 2007 Perseroan Terbatas Pasal 74 yaitu: I). Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang atau yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, 2). Tanggung sosial sebagaimana dimaksud pada ayat I merupaka kewajiaban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagi biaya Perscroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan kewajaran, 3), Perseroan yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat l dikenakan sanksi sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. 

Dengan ini kami forum Masyarakat Lingkar Tambang Molore Raya Konawe Utara (Malaria Sultra) Sulawesi tenggara meminta kepada Gubernur SULTRA, untuk bertindak tegas kepada PT. SPR agar memenuhi kewajibanny.

Perlu diketahui Masyarakat Lingkar Tambang Milons Rays Konewe Utara terdiri dari 3 Korlap yang terdiri dari Korlap 1.atas nama,Akbar Tanjung, Korlap 11.atas nama,Muh Daud, Korlap 111.atas nama.Amiruddin,S.Kom. sedangkan sebagai kordinator di lapangan diketuai oleh Ahmad. Herman.s
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah