Headlines News :
Home » , » Koperasi Perikanan SUL Menjalankan Bantuan Dengan Baik

Koperasi Perikanan SUL Menjalankan Bantuan Dengan Baik

Written By armen on Rabu, 09 Januari 2019 | 12.19

Sultra MP - Hibah Kendaraan Berpendingin Roda 4 dari  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) salah satunya adalah Koperasi SINAR USAHA LAUT (SUL) yang beralamat di Jalan Transmina Blok C.No.24 Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli,Kota Kendari,Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dimana Bantuan Pemerintah Melalui Kementerian Kelautan dan  Perikanan  berupa sarana kendaraan berpendingin 4 Roda  merupakan salah satu program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing, konektivitas logistik serta nilai tambah produk perikanan. dimana Bantuan kendaraan berpendingin dimaksud merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan sarana dan prasarana distribusi Pangan sesuai dengan amanat Pasal 49 ayat (3), Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Sasaran bantuan pemerintah kendaraan berpendingin adalah Koperasi di bidang perikanan, kelompok masyarakat dan/atau lembaga keagaman yang memiliki bidang usaha pembelian/ penjualan serta distribusi dan pemasaran produk ikan.
Keseluruhan Bantuan berupa 1 unit kendaran Roda empat dan 20 unit perahu Kecil, tetapi untuk Koperasi Sinar Usaha Laut hanya mendapat 6 Unit saja, Dimana pemberian bantuan ini juga  di saksikan Oleh Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan kota kendari saat dilakukan serah terima barang sekitar bulan lalu.Tuturnya.

"Koperasi perikanan Sinar Usaha Laut  bergerak dalam usaha penangkapan ikan menggunakan perhu piber perikanan  GT. 3

Menurut Rusdin, Selaku Ketua Koperasi Prikanan Sinar Usaha Laut adalah Koperasi Perikanan Terpadu berbadan hukum yang mengusahakan kegiatan perikanan hulu sampai hilir, yakni kegiatan penangkapan, pengolahan, pemasaran, hingga pelatihan sumberdaya manusia kelautan perikanan dan berkedudukan di Kota kendari  Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Sementara Koperasi Prikanan yang Ia  kelola ini pernah  mendapat penghargaan  dan sertifikat sebagai dalam bidang kelompok usaha berprestasi penerima bantuan."Tutur Rusdin

Kegiatan pemasaran hasil perikanan  masih perlu dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perikanannya, terutama dari aspek pemasaran dan distribusinya.

Namun demikian, dengan berbagai aneka olahan yang ada serta kebutuhan ikan yang terus meningkat serta belum adanya keterpaduan usaha di bidang ini maka kegiatan mengakses ikan yang dihasilkan dari Pelabuhan Perikanan Samudra  (PPP)  Sultra Kota Kendari   mutlak diperlukan.

Ikan yang dihasilkan dari Kapal-Kapal Nelayan seperti kapal inka mina yang didaratkan di Pelabuhann Samudra  Kota Kendari  memiliki kualitas yang bagus karena pendeknya trip penangkapan serta jumlah dan jenisnya bervariasi. Ketersediaan ikan pun melimpah,Dengan mengakses ikan yang dihasilkan dari  menggunakan truk roda 4 berpendingin, kemudian ikan tersebut didistribusikan dari sentra produksi ke sentra pemasaran maka kebutuhan ikan tercukupi, sementara dari aspek kualitas dan harga mampu bersaing dari ikan yang berasal dari luar daerah.

Bahkan kami berencana menerima kontrak untuk di distribusikan ke luar daaerah seperti di salurkan ke makassar dan kabupaten Bone,"Ungkap Rusdin (Ketua)Koperasi Prikanan Sinar Usaha Laut

Untuk itu Semua Bantuan Yang di peruntukan bagi Koperasi Sinar Usaha laut ia berupaya akan di maksimalkan dan di mamfaatkan untuk semaksimal mungkin tak lain untuk kesejahteraan  masyarakat Kota Kendari khususnya Warga Nelayan.

Ada pun bantuan dari kementerian pusat berupa dana sebesar 600 juta,itu sudah tersalurkan kepada masyarakat dengan baik.

Masih ."Rusdin "Saya Pribadi selaku Ketua Koperasi Sangat-sangat berterimah kasih sekali kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini KKP yang mau peduli dan memberikan bantuannya kepada Masyarakat Sultra.Tutup." Rusdin. Herman.s
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah