Headlines News :
Home » , » Diduga Tak Mengantongi Ijin Lengkap, PT. Daka Grub Aman-aman Saja

Diduga Tak Mengantongi Ijin Lengkap, PT. Daka Grub Aman-aman Saja

Written By armen on Kamis, 28 Maret 2019 | 10.48


KENDARIMO  - PT. Daka Grup yang beroperasi di Desa Boedingin Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diduga tidak melengkapi izin untuk menambang seperti izin menimbun Bahan Bakar Minyak (BBM) . Padahal dalam Juknis Dirjen Minerba 309.k/30/DJB/2018,  yang memuat tentang  aturan pengurusan  izin  timbun BBM perusahaan tambang diwajibkan mengantongi izin tersebut. 

Entah aturan tersebut berlaku pada semua perusahaan tambang atau ada pengecualian, namun PT Daka Grup yang belum mengantongi izin tersebut tetap beroperasi bahkan sudah memproduksi ore dan melakukan pengapalan sebanyak 16 kali.

Ulah Daka Grup yang konon Kabarnya dimiliki Sahrin, adik kandung  Ali Mazi yang saat ini menjabat Gubernur Sultra memantik protes sejumlah aktifis dan  masyarakat. Ketua Barisan Aktifis Keadilan Indonesia (Bakin), La Manduru.  mengatakan pihak  berwenang harus segera membentuk tim untuk menginvestigasi PT. Daka Grub di lokasi.

"Tidak boleh ada tebang pilih, pihak berwenang harus turun ke lapangan,  kalau benar, ya harus di tutup dan kalau ada pelanggaran ya harus diproses," tegasnya

Menurut Munduru, dampak perusahaan tambang yang tidak memiliki dokumen Izin BBM akan mengganggu pelayanan BBM terhadap masyarakat. Pasalnya, akan terjadi antrian panjang di SPBU yang  merugikan masyarakat.

" Ini berbahaya, akan mengundang pertanyaan sejumlah pihak, seolah olah ada keistimewaan yang diberikan ke PT daka Grup. Kok bisa dia menambang tapi tidak lengkap izinnya. Kita tidak suhuzon tapi bisa saja ada orang dalam yang membekingi, " duganya menyelidik.

Terkait aktifitas PT. Daka Grup, Bakin Sultra berencana akan menyambangi pihak terkait untuk mendesak agar segera menelusuri dugaan tersebut," Kalau mereka tetap diam kita akan turun mendesak agar segera melakukan investigasi, " tandasnya. Saya . TIM

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah