Headlines News :
Home » , » Pendapatan Disektor Pajak Muna Masih Rendah

Pendapatan Disektor Pajak Muna Masih Rendah

Written By armen on Kamis, 04 April 2019 | 10.54

Sultra MP  Pendapatan Kabupaten Muna di sektor pajak sangat rendah. Nilai Jual Obyek Pajaknya (NJOP) pun sangat rendah bahkan enam kali tertinggal dari daerah lain di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)

Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Muna, Ari Aziz, mengatakan Kabupaten Muna sudah tertinggal jauh dibanding daerah lainnya di Sultra. Bahkan lanjut Ari Aziz, PDB di Kabupaten Muna lebih tinggi Kabupaten Buton Utara (Butur), yang tidak lain salah satu daerah pemekaran Kabupaten Muna. "PDB kita lebih redah dari Butur," ungkap Ari Aziz.

Menurut mantan Kadis Keuangan Kabupaten Muna ini, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pihaknya akan melakukan pendataan kembali dari total 126 desa dan kelurahan di kabupaten Muna. Setelah melakukan pendataan, barulah dilakukan penyesuain NJOP dan besaran pajak kepada masyarakat. "Bayangkan ada yang setahun PBB nya hanya Rp5 ribu," ungkapnya

Data yang digunakanpun masih data lama sebanyak 71 ribu obyek pajak. Ia menargetkan pasca pendataan yang dilakukan pihaknya, jumlah wajib pajak total sebanyak 200 ribu wajib pajak atau bertambah 129 ribu wajib pajak baru," Ini setelah pendataan kita target sekitar 200 ribu wajib pajak. Jumlah pajak yang dibebankan sekarang sangat rendah. Jika dinaikan, tidak akan berpegaruh besar bagi masyarakat. Mereka yang tidak punya pekerjaannya pun dengan biaya pajak Rp5 ribu pertahun, mereka nilai sangat rendah. Terkait imbasnya nanti berhubungan dengan politik, saya tidak melihat masalah itu, itu ranah lain" paparnya.


Selain menargetkan pendataan,  Ari Aziz juga akan mendata kembali restoran di daerah Muna. Tercatat 91 restoran yang beroperasi namun pihaknya akan melakukan pendataan kembali. Perda nomor 11 tahun 2011 akan kita optimalkan. Perda ini saya lihat sejak 2011 lalu dibuat, tapi sampai saat ini belum optimal dilakukan," tandasnya. (nz)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah