Headlines News :
Home » » BPDB DKI Jakarta Berikan Pelatihan 50 Lokasi

BPDB DKI Jakarta Berikan Pelatihan 50 Lokasi

Written By Metropost on Selasa, 09 Juli 2019 | 15.47

Jakarta MP -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPDB) Provinsi  DKI Jakarta   memberikan pelatihan mengatasi bencana kepada masyarakat dikelurahan Kebon Bawang kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara  yang dihadiri oleh puluhan warga yang dilakasanakan diruangan Aula lantai 3 kantor kelurahan Kebon Bawang.

Meski tidak dalam kondisi bencana, BPBD Provinsi DKI Jakarta tetap siaga dan terus memberikan pelatihan cara mengatasi berbagai bencana. Berbagai program pun dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat mencegah bencana atau menanggulangi bencana saat kejadian.

Kepala Seksi (Kasi) Riyan Sarsono Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta  mengatakan, sesuai program BPBD DKI Jakarta, bahwa petugas BPBD tidak hanya melaksanakan kegiatan saat bencana terjadi seperti banjir dan kebakaran. Tetapi petugas BPBD harus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari bencana.

“Sosialisasi pencegahan dan kesiapsiagaan bencana memang sudah menjadi tugas kita. Diharapkan pemahaman kepada masyarakat ini bisa mengatasi ketika ada kejadian bencana yang datang,” kata Riyan.

Riyan mengungkapkan, sasaran kegiatan yang dilakukan oleh BPBD ada 50 lokasi di DKI termasuk Kepulauan Seribu. Saat ini sudah dilaksanankan 35 lokasi.kegiatan ini tidak hanya bersumber dari APBD saja, tetapi ada yang non APBD. Misalnya kegiatan pencegahan kebencanaan yang berbentuk sosialisasi dan pelatihan. Sasaran kegiatannya mulai dari instansi pemerintahan,sekolahan, Madrasah, rumah susun hingga rumah sakit.

“Di rumah susun dan rumah sakit kita memberikan pelatihan pencegahan kebakaran bagi personil tentang manajemen keselamatan kebakaran. Di Jakarta Utara ini rawan bencana banjir dan kebakaran ",ucapnya pada 9/7/2019.

Bukan hanya itu,  dalam sosialisasi pihaknya juga rutin mengadakan kegiatan tersebut untuk relawanya agar selalu mengingat bagaimana cara mengatasi bencana.hal ini juga ditujukan  pengelola gedung, apartemen, mal, ruko dan hotel untuk  pemeriksaan uji fungsi alat pemadam, baik yang sudah berdiri maupun yang sedang tahap pembangunan.

Banyak materi-materi yang diberikan seperti penanganan bencana beradarah seperti luka dalam maupun luka luar, teori api, langkah-langkah pencegahan kebakaran, tata cara penggunaan alat-alat proteksi kebakaran seperti hydrant, pompa dan lainnya.

“Petugas mereka tidak semua paham, biasanya mereka pengadaan barangnya dari pihak ketiga tapi petugasnya tidak dilatih. Makanya banyak juga  permintaan ke BPBD untuk memberikan pelatihan,” jelas Kasi BPBD Riyan.

Kemudian petugas BPBD memberikan contoh   penanggulangan bencana sementara kepada korban,petugas menggunakan mediator salah satu warga  Kebon Bawang Rahmat (25) cara mengatasi tersendak  dengan baik. (met)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah