Headlines News :
Home » , » Dampak Kemarau Paniang, Sumur Dan Sawah Kering

Dampak Kemarau Paniang, Sumur Dan Sawah Kering

Written By armen on Rabu, 16 Oktober 2019 | 11.33

Jabar MP - Musim kemarau yang berkepanjangan membuat masyarakat kabupaten Cirebon kekurangan air bersih. Di kecamatan Sumber, kecamtan Talun, kecamatan Plered, Kecamatan Jamblang sudah mulai kekurangan air bersih, bahkan mata air sunur merekapun sudah tak mampu lagi menyediakan bersih seperti tahun tahun lalu.

Hal ini dirasakan oleh salah satu warga kelurahan Sumber Bandi (50) dia mengaku sunurnya sudah mulai mengering bahkan untuk mandi keluarganya mereka menupang di tempat familinya.

"Wah ni kemaraunya bener bener panjang,  sumur kami saja sudah kering kalau mau butuh air meski nunggu seharian baru ada air itu juga hanya beberapa ember yang didapat", katanya pada 13/10/2019.

Diwaktu yang berbeda dalam pemantauan Metro Post, kekeringan juga dirasakan oleh para petani di kabupaten Indramayu, ratusan hektar sawah sudah mengering hingga tanahnya membelah.

Selama musim kemarau di tahun ini pemilik lahan memilih tak menggunakan untuk bercocok tanam berjenis lain dikarenakan sulitnya mendapatkan aliran air.

Harjo pemilik sawah seluas 1,2 hektar mengatakan kemarau ini dirasa lebih parah dari tahun lalu, pasalnya,  Sungai  yang biasanya mengaliri sawahnya pun kering.

"Sudah hampir 3 bulan sawah kami biarkan tak diurus percuma mau ditanamin apa saja juga tanahnya sudah mengeras  dan sungainya saja kering", ucapnya.

Kemudian sambil menunjukan sawahnya,  Harjo juga mengatakan biasanya dia menggantikan bertnam padi dengan menanam jagung atau umbi umbian  jika musim panas.

"Biasanya kalau perubahan musim panas  saya ganti tanam jagung  kalau masih lembab tanahnya tapi sekarang mana bisa orang sudah pada keras", tambahnya sambil menginjak injak sawah yang kering.

Untuk menghadapi kemarau tahun depan Harjo sendiri akan memikirkan untuk beralih cocok tanam lain yang tak membutuhkan air banyak.(met)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah