Headlines News :
Home » » Kalapas Kendari Harapkan Peran Serta Masyarakat

Kalapas Kendari Harapkan Peran Serta Masyarakat

Written By armen on Kamis, 14 November 2019 | 16.13

Kendari MP - Lapas kelas ll A Kota Kendari kini terus berbenah dalam mendukung tugas tugas penting  utamanya dalam hal pengamanan dan pengawasan para narapidana, salah satu upaya yang dilaksanakan untuk hal pengawasan ini telah dilakukan pemasangan  CCTV Di Lapas Kelas ll A Kota Kendari sebanyak 19 titik untuk keamanan. Selain pengamanan, di lapas kelas ll A Kendari, para narapidana dibekali dengan keterampilan, salah satunya keterampilan yang paling menonjol adalah pembuatan paping blok.

Kepala Lapas Kelas  ll A kendari Drs.Abd.Samad Dama, M.Si, menyatakan bahwa posisi Lapas kelas ll A Kendari saat ini penghuninya berjumlah 566 orang untuk narapidana pria dewasa dengan narapidana wanita pada tempat yang terpisah.

Terkait proses pembinaan yang dilaksanakan saat ini,  Kalapas mengatakan  bahwa proses pembinaan yang dilakukan saat ini telah sesuai dengan protap yang ada atau juknis yang ada. Pembinaan yang dilaksanakan kepada narapidana telah dijadwal, ujarnya

Ditambahkan Kalapas, kami punya jadwal tersendiri diantaranya ada pembinaan keterampilan, pembinaan kerohanian , pembinaan kepribadian . Mereka diajarkan cara sholat , baca tulis alquran,  begitupun juga dengan agama lainnya, untuk yang nasrani  juga ada jadwal tersendiri hari sabtu dan minggu untuk jadwal  ibadah.

Selain pembinaan, salah satu hal penting adalah penyediaan  bahan makanan, dimana tentang penyediaan makanan ini  disesuaikan dengan petunjuk dari pusat dan sama semua diseluruh Indonesia, jenis bahan makanan itu dalam periodenya setiap sepuluh hari,  mulai dari hari pertama sampai kesepuluh menunya berbeda beda, kemudian hari kesebelas lagi kembali seperti menu yang pertama.

Ditanya terkait kunjungan masyarakat, Kalapas mengatakan bahwa setiap kunjungan, pihaknya melakukan penggeledahan badan dan penggeledahan barag bawaan,   untuk pengunjung itu dua kali dilakukan penggeledahan mulai dari pintu utama, begitu juga kalau mau masuk ruang kunjungan juga diperiksa.

Pihaknya juga telah berupaya melakukan tugas secara optimal maksimal, namun sebagai manusia terkadang bisa kebobolan ada barang yang masuk ke dalam. Penggeledahan ini dilakukan demi menjaga kemungkinan kemungkinan yang tidak diinginkan dan masuknya barang terlarang kedalam lapas, untuk barang terlarang ini  memang sudah dilarang tapi sebagai manusia biasa kadang ada barang terlarang yang lolos  masuk, namun demikian kami sebagai petugas disini terus berupaya siang dan malam untuk mengantisipasi masuknya barang barang terlarang ini. Ungkap Abd.Samad.

Terkait keberadaan narapidana Di Lapas Kelas ll A kendari, Semua narapidana itu, Kalapas menjelaskan ada yang dipidana seumur hidup sebanyak lima orang dan ada yang dipidana 20 tahun keatas sebanyak empat orang, terus yang dipidana diatas sepuluh tahun lebih banyak lagi. Kemudian yang paling menonjol kalau dilihat dari pelanggaran, tingkat pidananya itu adalah narkoba, dari 566 narpidana yang ada, 250 diantaranya adalah Napi Narkoba. Kata Kalapas

Harapan kedepan,  Harapan kami baik dari sisi pelayanan maupun dari sisi pengamanan mengharpkan peran serta masyarakat  untuk mendukung pelaksanaan pembinaan dalam lapas, dengan memilliki kesadaran untuk tidak membawa barang barang terlarang masuk kedalam lapas.

Berikut Profil Singkat Jabatan/jenjang Karir  Ka Lapas Kendari Drs. Abd Samad. M.Si
-Balai pemasyrakatan kendari 1 maret 1992
-Kepala subseksi BKA bapas kendari (2000-2005)
-Kepala sub bidang bina khusus narkotika kanwil sultra (2005-2008)
-Kepala lapas kendari (2008-2013)
Kepala rutan unaha (2013-2016)
-Kepala lapas 2B NTT (2016-2018)
-Kepala lapas 2A Kendari (2018-sekarang). HN/AS
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah