Headlines News :
Home » » Gedung SMPN 1 Sumber Perlu Perhatian Pemerintah Lebih Serius

Gedung SMPN 1 Sumber Perlu Perhatian Pemerintah Lebih Serius

Written By Metropost on Sabtu, 15 Agustus 2020 | 11.04


Cirebon MP - Kenyamanan dalam belajar didalam kelas adalah dambaan bagi siswa dan guru. Namun apa yang dialami Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN) Sumber yang beralamat di Jalan Dewi Sartika kecamatan Sumber kabupaten Cirebon Jawa Barat, teryata berbeda. Pasalnya, dikeluhkan beberapa titik ruang yang hampir ambruk atapnya.

Dalam pandangan fisik bangunanya memang kokoh, namun dilihat dari sisi atapnya tatanan genteng terlihat melandai (ambles) diperkirakan kayu penyangganya keropos karena termakan usia atau rayap. Meskipun dari dalam ruangan atap plapon terlihat rapih tetapi dibalik plapon sudah rusak, dan sebagian sudah terlihat berjatuhan papan gipsunya.

Sangat miris padahal sekolah ini adalah prioritas pilihan siswa baru dari jaman ke jaman.

Kepala sekolah SMPN 1 Sumber Hery Purnama, membenarkan bahwa ada 3 ruang Laboratorium yaitu ruang Fisika, ruang Bahasa, dan Ruang Biologi yang terlihat mengkwatirkan.

"Iya ada 3 ruangan yang terlihat mengkawatirkan, coba lihat atap gentengnya terlihat ambles ya", ucapnya sambil menunjukan titik kerusakanya.

Kemudian Hery menunjukan satu persatu ruang yang telah dikosongkan karena menurutnya ruangan tersebut dikawatirkan makan korban jika di paksa digunakan. 

"Saya sengaja kosongkan 3 ruangan ini takut ambruk mendadak", jelasnya pada hari Jum'at 14/8/2020 saat ditemui di kantornya.

Melihat bangunan sekolah yang dipimpinya sudah mulai rusak, kepsek SMPN 1 Sumber telah melaporkan hal ini kepada dinas kabupaten Cirebon. Namun sampai berita ini diturunkan belum kepastian ada dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Kepsek Hery menyambat tak akan mampu jika mengandalkan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan memang Dana BOS tidak boleh di gunakan untuk untuk rehab sedang maupun berat . Dia mengharapkan ada campur tangan dari pemerintahan pusat.

"Kalau mengandalkan dari dana BOS saja saya rasa masih kurang untuk gedung sebesar ini dan kebutuhan sekolah lainya", tutur kepala sekolah SMPN 1 Sumber.

Ia mengharapkan kepada pemerintah kabupaten Cirebon dan pemerintah pusat segera merespon untuk perbaikan dengan waktu yang cepat.

"Semoga cepat teratasi dengan bantuan pemerintah atau dengan bantuan dana CSR dari pihak Dunia Usaha baik dari BUMN atau pihak swasta lainnya", harapnya kepada pemerintah dan dunia usaha.(met/eka)


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah