Headlines News :
Home » » Koramil 2013/Sumber Peringati HUT Kemerdekaan Ke- 75 Dengan Gerakan Siliwangi Cinta Tanah Dan Air

Koramil 2013/Sumber Peringati HUT Kemerdekaan Ke- 75 Dengan Gerakan Siliwangi Cinta Tanah Dan Air

Written By Metropost on Senin, 17 Agustus 2020 | 19.46


Cirebon MP - Sebagai bentuk pengabdian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada negara, jajaran Koramil 2013/Sumber, Kodim 0620 Kabupaten Cirebon pada peringatan HUT ke-75 RI mengajak masyarakat dan ormas lebih menyintai tanah dan air dalam perspektif lingkungan.

Hal ini tertuang pada kegiatan yang bertema “Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air”. Kegiartan ini bertujuan melestarikan mata air yang sekarang ini sudah mulai tercemar oleh oknum masyarakat yang tak bertagung jawab.

Di Kecamatan Sumber terdapat beberapa titik daerah yang aliran sungainya tercemar akibat penggalian batu alam yang di produksi dan dikomersilkan oleh masyarakat sehingga air tak bersih lagi.



Komandan Rayon Militer (Koramil) 2013/Sumber yang diwakilkan Serma L. Dede Permana terlihat sedang memberi materi kepada warga dan ormas di perkebunan milik warga setempat. Dalam isi materinya mengajak masyarakat memulihkan kembali dan melestarikan kodisi tanah dan air.

“Terima kasih atas kehadiran dan kesediaan masyarakat untuk hadir dalam kegiatan kami yang bertema ‘Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air’. Kegiatan ini bertujuan menjaga kondisi tanah dan air yang sekarang ini hampir tercemar dan berkurang aliran airnya,” ucapnya dalam memberi materi kepada masyarakat.

Serma Dede, sapaan sehari hari, menjelaskan, betapa petingnya sumber daya air bagi kita. “Kita sama sama menjaga, melestarikan tanah dan air di Indonesia ini,” katanya.

“Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air” adalah kegiatan Kodam yang disalurkan melalui Kodim, Koramil dan Ormas.

Dede juga mengatakan, sebelumnya juga sudah dilaksanakan di Desa Bobos, Kecamatan Dukupuntang pada beberapa minggu yang lalu.

“Ini even khusus untuk menyambut hari kemardekaan Indonesia yang dilaksanakan langsung oleh Pangdam 3 Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto,” jelasnya pada Senin (17/8/2020).

Ia berharap dengan kegiatan ini bisa dilakukan oleh masyarakat lain agar kondisi air bisa terjaga dengan baik.

Setelah memberi sambutan, Dede bersama jajaran Koramil dan masyarakat mengajak untuk menyiramkan cairan organik probiotik Bios 44 yang dicampurkan air bersih. Fungsinya, untuk mengembalikan kesuburan tanah.

Terlihat warga dan Ketua RW 08 Kelurahan Sumber sangat antusias membersihkan rumput dan sampah yang berada di selokan air.(met)

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah